Realisasi Pendapatan PBB Kota Kendari Tahun 2017 Melebihi Target

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari Nahwa Umar
Nahwa Umar

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Realisasi pendapatan pajak bumi dan bangunan (PBB) Kota Kendari tahun 2017 melebihi target yang ditetapkan.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, target PBB pada 2017 sebesar Rp99 miliar, namun sepanjang 2017 pendapatan PBB Kota Kendari mencapai Rp100 miliar lebih.

“Tahun 2017 pendapatan dari PBB lebih dari 100 persen, walaupun ada pendapatan sektor pajak lain yang tidak sampai, tapi karena pajak yang besar-besar itu melampui 100 persen, sehingga total keseluruhannya menjadi 100 persen lebih,” kata Nahwa di ruang kerjanya, Rabu (17/1/2018).

Dijelaskan, penyumbang terbesar di sektor pajak yakni pajak penerangan jalan (PPJ). Di mana target PPJ sebesar Rp31 miliar, ternyata realisasinya Rp32 miliar. Kemudian pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) ditargetkan Rp22 miliar, ternyata realisasinya mencapai Rp23 miliar.

Selanjutnya, kata Nahwa, pajak perhotelan dari target Rp6,5 miliar realisasinya hampir Rp7 miliar. Begitu juga halnya dengan pajak restoran.

Sementara target pendapatan PBB untuk tahun 2018, Nahwa mengaku tidak muluk-muluk menetapkan target pendapatan dari sektor pajak. Ia menargetkan PBB tahun 2018 melebihi target pendapatan PBB tahun lalu atau minimal bisa menyamai target tahun lalu.

“Kami sangat harapkan akhir tahun ini kita bisa mencapai target lagi. Kepada wajib pajak, saya berpesan untuk taat membayar pajaknya, sehingga tahun ini realisasi pendapatan sektor pajak kita bisa mencapai target,” tutupnya. (B)

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Jumriati

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib