iklan zonasultra

Relawan Demokrasi di Butur Diminta Pahami Regulasi

Relawan Demokrasi di Butur Diminta Pahami Regulasi
PELANTIKAN - KPU Butur meminta 30 orang relawan yang dilantik paham regulasi, Selasa (6/10/2020) (Ifang Wilyas/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) berharap dalam menjalankan tugasnya relawan demokrasi memahami regulasi yang berlaku. Sebanyak 30 relawan dilantik guna membantu tugas pihak penyelenggara pada Pilkada 2020.

Ketua KPU Butur Hasrudin mengatakan, relawan demokrasi dibagi atas enam basis dan setiap basis berjumlah lima orang, yakni basis pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, basis pemilih marjinal, penyandang disabilitas, serta basis keagamaan.

“Relawan demokrasi ini merupakan bagian dari penyelenggara pemilu dengan masa tugas kurang lebih dua bulan,” ujar Hasrudin, ditemui usai pelantikan, Selasa (6/10/2020).

Lebih lanjut, kata dia, relawan demokrasi ini ditugaskan untuk membantu KPU dalam hal menyosialisasikan pentingnya pemilu guna meningkatkan partisipasi dan kualitas para pemilih dalam menggunakan hak pilih.

Pihaknya mengakui, salah satu tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pemilihan umum adalah tingkat pastisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak suara di TPS.

“Target partisipan harus melebihi persentasi target nasional. Saya berharap para relawan bekerja sesuai tupoksi terutama harus adil dalam memperlakukan setiap pemilih,” papar Hasrudin.

Pada akhirnya keberadaan relawan demokrasi juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran positif masyarakat agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab sehingga partisipasi dan kualitas pilkada tahun ini jauh lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya. (b)

 


Kontributor : Ifang Wilyas
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib