iklan zonasultra

Repnas Jokowi-Ma`ruf: Kartu Sembako Murah Jadi Perhatian Masyarakat Sultra

Repnas Jokowi-Ma`ruf: Kartu Sembako Murah Jadi Perhatian Masyarakat Sultra
REPNAS SULTRA - Ketua Repnas Jokowi-Ma`ruf Sultra Sucianti Suaib Saenong saat berfoto bersama masyarakat kabupaten Muna, Kamis (11/4/2019). (DOKUMENTASI REPNAS).

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mobil jelajah Sulawesi Tenggara (Sultra) milik Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) untuk Jokowi- Ma`ruf telah sampai di Kabupaten Muna, Jumat (12/4/2019).

Tim ini telah melakukan perjalanan sejak hari Senin (8/4/2019) kemarin dari, kota Kendari, Kabupaten Konawe, Kolaka Timur (Koltim), Kolaka, Bombana dan Konawe Selatan (Konsel) hingga sampai di Pulau Muna.

Ketua Repnas Jokowi-Ma`ruf Sultra, Sucianti Suaib Saenong mengatakan bahwa hasil evaluasi dari perjalanan di 6 wilayah tersebut banyak masyarakat mempertanyakan perihal tiga kartu sakti yang dijanjikan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01.

iklan zonasultra

“Kaum milenial, masyarakat dan pedagang yang kami masuk di pasar banyak yang mempertanyakan tiga kartu sakti dari bapak Jokowi, terutama Kartu Sembako Murah,” kata Sucianti melalui sambungan WhatsApp Mesengger, Jumat (12/4/2019).

(Baca Juga : Sasar Kalangan Milenial, Repnas Jokowi-Ma`ruf Keliling Sultra)

Suci mengakui, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui dan memahami soal kartu sembako murah.

Dijelaskan Anggota Repnas Sultra Suwandi kepada masyarakat bahwa kartu sembako murah itu bentuknya seperti ATM, setiap bulan akan diisi saldo Rp500 ribu sebagai bantuan pemerintah pusat.

Sehingga masyarakat yang kurang mampu dapat berbelanja sembako dan kebutuhan pokoknya sehari-hari.

Selain itu, kartu ini juga memberikan potongan harga atau diskon sesuai dengan ketentuan antara 30 hingga 50 persen.

“Zaman Presiden SBY bentuknya Bantuan Langsung Tunai (BLT) tapi lebih tertib dengan bentuk kartu berbentuk ATM,” pungkasnya.

Selain memberikan bantuan, pemerintah melalui kartu ini ingin memberikan edukasi dan sosialisasi tentang sistem pembayaran non tunai.

(Baca Juga : Bupati Konawe: Dulu Saya Prabowo, Sekarang Jokowi)

Selain kartu Sembako Murah, dua kartu lainnya juga yakni Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan Kartu Prakerja akan memberikan manfaat bagi masyarakat.

KIP Kuliah bisa dipakai untuk mendapatkan beasiswa di universitas dalam dan luar negeri sebagai bentuk program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Serta kartu Prakerja bisa digunakan untuk SMA sederajat yang belum bekerja agar diberikan pelatihan.

Pelatihan diberikan oleh kementerian, BUMN dan swasta supaya mereka bisa bekerja. Dalam proses pelatihan itu, apabila setelah atau dalam pelatihan belum mendapatkan pekerjaan mereka akan mendapatkan insentif enam bulan hingga satu tahun.

Program Repnas Jelajah Sultra masih akan berlanjut hingga tanggal besok (13/4/2019) dengan rute Baubau dan Buton. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib