iklan zonasultra

Resmikan Ipal Komunal, Sekda Wakatobi Minta Tak Buang Limbah di Laut

Resmikan Ipal Komunal, Sekda Wakatobi Minta Tak Buang Limbah di Laut
PERESMIAN - Sekda Kabupaten Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu meresmikan Ipal Komunal Sanimas reguler 2017 di Desa Mola Selatan, Kecamatan Wangsel, Jum'at, (22/12/2017). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

Resmikan Ipal Komunal, Sekda Wakatobi Minta Tak Buang Limbah di LautPERESMIAN – Sekda Kabupaten Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu meresmikan Ipal Komunal Sanimas reguler 2017 di Desa Mola Selatan, Kecamatan Wangsel, Jum’at, (22/12/2017). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI -Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Ilyas Abibu meminta masyarakat untuk tidak lagi membuang limbah di laut.

Hal itu disampaikannya saat resmikan Instalasi Pembuangan Air Limbah (Ipal) Komunal Sanitasi Masyrakat (Sanimas) reguler 2017 di Desa Mola Selatan, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Kabupaten Wakatobi, (22/12/2017).

Kata dia, dengan adanya Ipal yang diperuntukkan bagi masyarakat ini, maka warga, khususnya di Mola tak lagi membuang limbahnya di laut.

Ilyas menkelaskan, pembangunan Ipal itu merupakan salah satu program unggulan pemerintah pusat yang menggunakan konsep pemberdayaan masyarakat, dimana masyarakat menjadi aktor utama sebagai pekerjanya. Dengan demikian, mereka harus menjaga dan memeliharanya dengan baik.

Iapun menghimbau kepada seluruh masyarakat Mola, untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan demi menjamin keberlanjutan pembangunan daerah.

Resmikan Ipal Komunal, Sekda Wakatobi Minta Tak Buang Limbah di Laut

“Marilah kita tingkatkan kualitas lingkungan kita demi terjaminnya keberlanjutan pembangunan daerah,” ujarnya.

Pantauan awak ZONASULTRA.COM, terdapat 50 sambungan bantuan Ipal Komunal yang disalurkan kerumah-rumah warga di desa setempat.

Sardi, salah satu warga Mola mengungkapkan, bantuan tersebut sangat bermanfaat. Sebab mereka tidak akan kerepotan lagi untuk membuang air besar.

“Ini sangat baik, karena kami tidak bakal setengah mati lagi buang kotoran,” katanya. (B)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Abdul Saban

iklan halo sultra 2018

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib