iklan zonasultra

RPP Latamoro KPU Koltim Sosialisasi Pemilu di SMK 1 Lambandia

RPP Latamoro KPU Koltim Sosialisasi Pemilu di SMK 1 Lambandia
SOSIALISASI-Rumah Pintar Pemilu (RPP) Latamoro Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara melakukan sosialisasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Kecamatan Lambandia. (Foto: Istimewa)

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Rumah Pintar Pemilu (RPP) Latamoro Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara melakukan sosialisasi di SMKN 1 Lambandia, Selasa (10/12/2019). Sebanyak 120 siswa mengikuti kegiatan ini. Materinya dibawakan langsung oleh Komisioner KPU Koltim yaitu Ashari Malaka, Anhar, dan Sutomo.

Ketua Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Ashari Malaka menjelaskan, materi yang diberikan antara lain sejarah pemilu, pentingnya pemilu dan demokrasi, sistem pemilu, tahapan pemilu, peserta pemilu, proses pemilihan, dan profil penyelenggara pemilu.

(Baca Juga : KPU Koltim Bakal Lelang Surat Suara Pemilu 2019)

iklan zonasultra

Loading...

“Dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan para pelajar dapat mengetahui secara jelas tentang pemilu dan demokrasi. Terutama fungsi dari rumah pintar pemilu, sehingga mereka dapat menyampaikan pengetahuan yang didapat ke pelajar lainnya,” kata Ashari.

Sosialisasi di SMK 1 Lambandia mendapat respon yang cukup baik. Bahkan terjadi sesi tanya jawab antara komisioner KPU dengan siswa di akhir presentasi.

Rumah pintar pemilu di satu sisi, berbagai program pendidikan pemilih dilakukan. Di sisi lain, menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu membangun gerakan.

RPP Latamoro KPU Koltim Sosialisasi Pemilu di SMK 1 LambandiaBerbagai sarana guna memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi, disediakan di rumah pintar pemilu tersebut.

Secara luas, rumah pintar pemilu dapat difungsikan semacam museum pemilu. Konsep rumah pintar pemilu itu menjadi penting untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum akan hadirnya sebuah sarana untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan.

Dalam rumah pintar pemilu, paling tidak, terdapat empat klasifikasi ruangan yang memiliki fungsi penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi, dan ruang diskusi.

Adanya rumah pintar pemilu maka dapat meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu menjadi pusat informasi kepemiluan. (b)

 


Kontributor: Samrul
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib