iklan zonasultra

Ruksamin: Kampung KB Program Kerja Membangun SDM

Ruksamin: Kampung KB Program Kerja Membangun SDM
WORKSHOP - Bupati Konut, Ruksamin saat memberikan sambutan di kegiatan Workshop Integritas Kampung KB Bersama Mitra Kerja Dan Lintas Sektor Melalui Pembinaan Konselong KB, PIK Remaja, BKR Serta Penyuluh Pengendalian Penduduk di Kecamatan Sawa. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin menyebut program Kampung KB yang digagas dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DPPKB) setempat sebagai agenda kerja untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing.

Program kampung KB, kata Ruksamin telah menyentuh 13 kecamatan dan 159 desa sejak 2018.

Baca Juga : DPPKB Konut Gandeng Kepolisian Bangun Generasi Muda Berkualitas

“Kegiatan seperti ini terus kita sosialisasikan dan tingkatkan untuk menjadikan daerah Konut kaya akan sumber daya manusianya dan lebih sejahtera serta berdaya saing. Ini menjadi yang terpenting, secara bertahap kita bekerja membangun manusianya selanjutnya kita bangun Infrastrukturnya,” ujar Ruksamin.

Dikatakan, periode pertama kepemimpinannya, Ruksamin fokus pada kemajuan SDM baik dari sektor pendidikan, kesehatan, perikanan, pertanian dan perkebunan dengan memberikan secara gratis pada masyarakat. Seperti, beasiswa, jaminan kesehatan daerah (jamkesda), bibit, alat tangkap perikanan dan bantuan fasilitas lainnya.

Peningkatan SDM di era teknologi saat ini sangat penting. Sebab, pengaruhnya begitu besar. Jika tidak ditunjang dengan pemahaman dan pengetahuan yang baik maka bisa berdampak negatif.

“Saya tegaskan kegiatan ini bukan kampanye politik, melainkan langkah kita bersama untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik melalui pemberian pengetahuan dan pemahaman,” tegasnya.

Ruksamin: Kampung KB Program Kerja Membangun SDM
Para peserta workshop yang hadir dari berbagai element masyarakat, pelajar dan instnasi pemerintahan, kepolisian dan TNI.

Sementara Kepala DPPKB Konut, Kasim Pagala mengungkapkan, Workhshop Kampung KB merupakan upaya pengembangan kualitas dan kuantitas generasi muda melalui PIK-Remaja serta pengetahuan masyarakat secara umum di wilayah Bumi Oheo itu agar terhindar dari segala perilaku buruk dan tindak kejahatan.

Kegiatan ini, kata Kasim, melibatkan langsung dari Pemda Konut, Polres Konut, TNI, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, pelajar, kader BKR, karang taruna, bidan desa, kader posyandu, PIK-remaja, puskesmas, sekolah-sekolah, dan tim penggerak PKK. Jadi, kita satukan dalam satu wadah yaitu program kampung KB untuk bersama membangun SDM yang lebih maju dan berdaya saing,” terangnya.

Dia menambahkan, di tempat itu para peserta yang hadir diberi materi yang selanjutnya diimplementasikan ke masyarakat luas. Kegiatan tesebut, menjadi skala prioritas dari tahun ke tahun dengan tujuan mengasah pola pikir masyarakat dan generasi muda menjadi lebih maju.

Kapolres Konut, AKBP Achmad Fathul Ulum melalui Wakapolres Kompol Seni Pabesak memberikan apresiasi besar atas terlaksananya program kampung KB oleh DPPKB Konut.

Menurutnya, kegiatan tersebut memberikan dampak positif yang besar pada pengembangan generasi penerus terutama di kalangan pelajar karena dapat membentuk kepribadian yang baik dan jauh dari perilaku buruk

Baca Juga : Ruksamin Puji Aksi DPPKB Konut Meningkatkan SDM Kader Terlatih

Tak hanya itu, kegiatan yang dilaksanakan juga dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat umum untuk senantiasa menjalankan pola hidup yang lebih baik.

Melalui workshop kampung KB juga seluruh lapisan masyarakat dapat mengatahui serta memahami pentingnya peningkatan SDM dan bahaya, serta kerugian jika terjerumus pada tindak kejahatan. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib