iklan zonasultra

Ruksamin Terima Penghargaan Indonesia Awards 2020 Kategori Pengelolaan Keuangan Terbaik

Ruksamin Terima Penghargaan Indonesia Awards 2020 Kategori Pengelolaan Keuangan Terbaik
INDONESIA AWARDS 2020-Bupati Konut non aktif, Ruksamin saat menerima piala Awards 2020 kategori apresia akuntabilitas keuangan daerah di Jakarta. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Bupati nonaktif Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) Ruksamin menerima penghargaan Indonesia Awards 2020 yang digelar salah satu stasiun televisi nasional. Penghargaan itu diberikan atas dedikasinya membawa Konut menjadi salah satu daerah dengan pengelolaan keuangan terbaik se-Indonesia.

Penghargaan itu diterima langsung Ruksamin dalam acara Apresiasi Awards 2020 kategori Akuntabilitas Keuangan Daerah di Jakarta, Rabu (7/10/2020) malam.

Iklan Zonasultra

“Piala ini saya serahkan untuk kalian masyarakat saya di Kabupaten Konawe Utara. Saya tidak ada apa-apanya tanpa kalian, terima kasih,” kata Ruksamin saat menerima piala tersebut.

Mantan Ketua DPRD Konut ini juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pihak baik dari DPRD Konut, forum komunikas pimpinan daerah (Forkopimda) dan masyarakat Konut.

Masuk nominasi awards tak lepas dari kemampuan Ruksamin menata sistem keuangan dan aset daerah dengan baik sehingga meraih opini wajar dengan pengecualian (WDP) hingga wajar tanpa pengecualian (WTP) tiga kali berturut-turut dari BPK.

Sebelum dilantik pada 2016 lalu, pengelolaan keuangan daerah Konut sering kali mendapat disclaimer atau temuan dari BPK yang bersifat dana, administrasi dan aset-aset daerah. Akibat hal itu, segala bentuk pembayaran seperti gaji pegawai dan lainnya terhambat.

Setelah dilantik menjadi bupati definitif 2016 lalu, Ruksamin merombak metode pengelolaan anggaran dan menempatkan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya. Alhasil, dirinya mampu membawa Konut meraih penghargaan WTP tiga kali berturut-turut dari BPK.

Dampak positifnya, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konut alami kenaikan drastis dari tahun 2016 sebanyak Rp700 miliar lebih menjadi Rp923 miliar di 2020 ini.

“Jika daerah Konut di 2021 bisa meraih WTP lagi maka keuangan APBD daerah akan naik sampai Rp1 triliun lebih. Ini yang harus kita jaga dan terus berdoa, juga bekerja dengan baik,” tutup Ketua DPW PBB Sultra ini. (b)

 


Reporter: M1
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib