iklan zonasultra

Rumah untuk La Udu, Pria yang Tinggal di Dalam Gua Dibangun Maret 2020

Pemkot Baubau Bangun Rumah Untuk La Udu, Pria yang Tinggal Dalam Gua
La Udu

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Rumah untuk La Udu (50), kakek yang tinggal selama 10 tahun di gua pesisir pantai bilangan Kelurahan Kokalukuna, Kadolomoko, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dibangun Maret tahun ini. La Udu bakal dibuatlkan rumah panggung.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRK) Kota Baubau, Yulia Widiarti, rumah untuk La Udu seluas 6×6 meter. Anggaran disiapkan sekira Rp30 juta.

(Baca Juga : Seorang Kakek di Baubau Hidup Sebatangkara Dalam Gua Selama 10 Tahun)

iklan zonasultra

“Untuk realisasi rumah, kemarin kita baru mengecek lahan. Kerena kita terkendala dengan lokasi kan. Baru pak La Udu tidak mau kalau dibuatkan rumah jauh dari laut,” terang Yulia lewat panggilan telepon, Jumat (21/2/2020).

Lanjut dia, lokasi sudah jelas yakni di pesisir pantai, sebelah utara berseberangan dengan Terminal Warumosio, Baubau. Berdasarkan Komunikasi Yulia dan Lurah Kokalukuna, lahan yang siapkan bebas dari sengketa pihak lain.

“Sesuai kondisi tanah kita buatkan rumah panggung, karena di lokasi kalau air pasang dapat menjangkau lokasi untuk rumah pak La Udu,” urai Yulia.

(Baca Juga : Pemkot Baubau Bangun Rumah untuk La Udu, Pria yang Tinggal Dalam Gua)

La Udu ditemukan menghuni gua pesisir Kelurahan Kokalukuna, tepat di bawah ruang terbuka hijau Bukit Wantiro pada 6 Februari 2020. Ia tinggal sendiri tanpa sanak saudara selama 10 tahun.

Karena tidak punya rumah dan saudara, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau berinisiatif mendirikan rumah untuk La Udu serta memberi pekerjaan. La Udu sendiri saat ini tinggal di rumah sementara, di salah satu lapak terminal Warumosio, Kota Baubau. (B)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib