iklan zonasultra

Rusun ASN Baubau Segera Dihuni, Sewa Bulanan Rp300 Ribu

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Baubau, Yulia Widiarti
Yulia Widiarti

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Rumah susun (Rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah kelar dibangun. Pengoperasian Rusun itu tinggal menunggu peralihan dari Kementerian PUPR ke Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Baubau, Yulia Widiarti, secara umum Rusun tipe 36 yang terletak di bilangan jalan Raya Palagimata, Kelurahan Lipu, Betoambari, tepatnya belakang Kantor Wali Kota Baubau itu, sudah dapat ditinggali. Yunia pun belum dapat kepastian kapan Rusun itu akan beralih ke Pemkot Baubau.

“Belum ada waktu pas kapan ditinggali. Kita, awal tahun ini coba koordinasikan lagi untuk percepatan-percepatan. Artinya jangan dibiarkan terlalu lama, kan sudah jadi,” kata Yulia ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/1/2020).

iklan zonasultra

Baca Juga : 30 Unit Rumah Subsidi Siap Dihuni, ASN Dipersilahkan Daftar

Lanjut Yulia, saat ini memang ada beberapa kelengkapan yang belum dapat dipenuhi. Utamanya air bersih untuk penghuni Rusun.

Belum lama ini, pihaknya pernah mencoba melakukan pengeboran sumur, namun gagal. Baru mencapai kedalaman kisaran 50 meter, bor yang digunakan patah. Mata air belum sempat ditemuakan.

Meski begitu, Yulia optimis, Rusun yang dibangun sejak 2018, dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) itu akan segera dihuni awal tahun ini. ASN Kota Baubau sendiri dapat tinggal di Rusun dengan 3 lantai dan 50 kamar tersebut dengan hanya mengeluarkan biaya Rp250.000-Rp300.000. Harga tergantung lantai, semakin tinggi maka semakin murah.

“Lumayan, di dalam sudah ada tempat tidurnya, sudah ada lemarinya. Sudah ada meja makan, sudah kamar mandi, juga ada ruang tamu,” jabar Yulia.

Yulia juga membeberkan, saat ini Peraturan Wali Kota (Perwali) soal Rusun ASN tengah disiapkan. Di dalam perwali itulah penghuni rusun diatur. Salah satunya, soal iuran bulanan, baik kamar, sampah, listrik, maupun air bersih.

“Perwalinya sementara disusun dan nantinya akan ditandatangani Walikota Baubau, AS Tamrin,” imbuh Yulia. (b)

 


Kontributor : Risno Mawandili
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib