iklan zonasultra

Rutan Kelas IIB Unaaha Didominasi Terpidana Asusila

Ilustrasi asusila
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Terpidana kasus asusila disebut dominasi jumlah warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Unaaha di kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Rutan Unaaha, Herianto menjelaskan dari total 318 orang warga binaannya, terpidana dengan kasus asusila yang ada di Rutan itu mencapai 84 orang, disusul kasus narkoba, pencurian, dan kasus umum lainnya seperti Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan kasus perjudian.

“Tertinggi itu kasus Asusila. Rata-rata vonisnya diatas tiga tahun, bahkan ada dua terpidana itu yang menggauli anak kandungnya sendiri,” kata Heri sapaan akrabnya, Kamis (15/8/2019)

iklan zonasultra

Baca Juga : 168 Narapidana Rutan Kelas IIB Unaaha Dapat Remisi

Heri menyebut, jumlah terpidana kasus asusila terus mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Sementara kasus pencurian yang dulunya terbanyak justru menurun.

Kata dia, dari 318 orang warga binaan yang saat ini sedang menjalani proses hukum di rutan kelas IIB Unaaha, terdapat 13 orang masih berstatus dibawah umur.

“Ada 13 anak disini, kasusnya beragam. Mulai dari pencurian, pencabulan dan kasus kriminal lainnya, mereka kita berikan pembinaan, termasuk dari sisi religiusnya” ujarnya.

Heri berharap dengan proses hukum yang sedang dijalani saat ini, para warga binaan bisa menyadari perbuatannya dan tidak mengulanginya lagi kelak mereka sudah terbebas dari hukuman. (B)

 


Reporter : Restu Tebara
Editor: Abdul Saban

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib