iklan zonasultra

Sagu dan Cokelat Bakal Jadi Komoditas Andalan Perayaan HPS

Sagu dan Cokelat Bakal Jadi Komoditas Andalan Perayaan HPS
HPS 2019 - Dirjen Hortikultura dari Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto bersama rombongan saat meninjau lokasi acara HPS di Desa Puudambu Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (16/10/2019). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO– Sagu dan cokelat bakal jadi komoditas andalan di perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) nanti yang akan digelar pada bulan November ini di Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Hortikultura dari Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto saat meninjau lokasi acara di Desa Puudambu Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (16/10/2019).

Prihasto mengatakan, Indonesia berada di peringkat tiga dan menjadi satu-satunya negara di Benua Asia yang menjadi salah satu produsen kakao terbesar di dunia. Untuk itu, Prihasto mengaku pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan kualitas cokelat Indonesia.

Iklan Zonasultra

“Kedua sagu, kenapa sagu, karena sagu merupakan makanan alternatif, mengandung karbohidrat dan banyak dikonsumsi warga di mana-mana, tanamannya juga lebih toleran terhadap perubahan iklim sehingga mudah untuk dibudidayakan,” kata Prihasto di lokasi peninjauan.

Prihasto menambahkan, dua komoditas tersebut bakal dipamerkan kepada para peserta HPS, 2 hingga 5 November mendatang. “Ke depan, fokus pengembanhan dua komoditi tersebut bakal menjadi perhatian pihak Kementan,” imbuhnya.

(Baca Juga : Tamu HPS Diprediksi 34 Ribu, Maskapai Belum Pasti Tambah Extra Flight)

Sementara itu, Pelaksana Jabatan (Pj) Sekda Provinsi Sultra, La Ode Mustari menuturkan, persiapan terus dilakukan untuk menyambut ribuan tamu undangan yang akan hadir pada acara puncak nanti.

“Pada prinsipnya, kita sudah siap, mulai dari pameran kulinernya, fasiltas penginapan, hotel kendaraan dan lainnya semua sudah disiapkan,” singkat Mustari. (B)

 


Kontributor: Eric Ari Probowo
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib