iklan zonasultra

Sainal Amrin Diberhentikan dari Jabatan Ketua DPRD Kolaka

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kolaka Muhardin Tasrudin
Muhardin Tasrudin

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka sepakat memberhentikan dan mengganti Ketua DPRD Kolaka, Sainal Amrin.

Pemberhentian dan pergantian tersebut diputuskan dalam rapat paripurna pemberhentian Ketua DPRD Kolaka 2019-2024 dan penetapan calon pengganti Ketua DPRD Kolaka 2020-2024 di Gedung DPRD Kolaka, Senin (28/9/2020).

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kolaka, Husmaluddin dan dihadiri 28 anggota dewan tersebut menindaklanjuti SK DPP Partai Gerindra dan Surat DPD serta DPC Partai Gerindra tentang pergantian Ketua DPRD dan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kolaka.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kolaka Muhardin Tasrudin mengatakan meski rapat paripurna pemberhentian telah dilaksanakan, tetapi secara de jure atau secara hukum pergantian sepenuhnya Ketua DPRD Kolaka masih harus menunggu Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Sekwan Kolaka itu mengatakan paripurna hari ini baru bersifat usulan, masih harus berproses untuk mendapatkan persetujuan dari Gubernur Sultra. Setelah itu, barulah dijadwalkan agenda paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah.

“Sepanjang surat keputusan dari Gubernur Sultra belum ada, maka Sainal Amrin masih Ketua DPRD Kolaka. Jika ada penunjukan pelaksana, maka otomatis Wakil Ketua I DPRD Kolaka,” ujarnya.

Ia menjelaskan sesuai mekanisme pemberhentian, pihaknya masih harus terlebih dahulu melakukan dan melengkapi pemberkasan. Kemudian pihaknya meneruskan kepada Bupati Kolaka untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan persetujuan Gubernur Sultra.

Untuk diketahui, sebelumnya DPP Gerindra telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 02-0435/TSDPRD/DPP-GERINDRA/2020 Tanggal 7 Februari 2020 tentang pergantian Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kolaka 2020-2024.

Surat yang ditetapkan pada 8 Februari 2020 itu ditandatangani Ketua DPP Gerindra Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani. Selain pergantian Ketua DPRD Kolaka, Sainal Amrin, dalam surat tersebut juga menunjuk Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kolaka, Syaifullah Halik menggantikan posisi Sainal Amrin sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kolaka.

Sementara, posisi jabatan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kolaka akan diisi oleh Sainal Amrin. (B)

 


Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib