Honda

Salurkan Benih Rumput Laut, Dinas Perikanan Butur Utamakan Kualitas

Petani Rumput Laut
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Dinas Perikanan Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menyalurkan bibit rumput laut kepada puluhan kelompok nelayan. Tak hanya intens melakukan pendampingan di lapangan, tetapi juga terus berupaya agar bibit yang disebar lebih berkualitas.

Untuk mendapat benih berkualitas, salah satu langkah dilakukan adalah bekerjasama dengan Fakultas Perikanan Universitas Halu Oleo (UHO). Sejak dijalin 2018 lalu, kerjasama ini sudah membuahkan hasil, seperti hadirnya bibit unggul jenis Kultur Jaringan, kemudian jenis Kulisusu, yang diluncurkan oleh Bupati Butur, Abu Hasan, pada 28 Juli 2019 lalu.

Kepala Dinas Perikanan Butur, L.M Karya Jaya Hasan, menuturkan bibit yang dikembangkan itu memiliki keunggulan dibandingkan rumput laut jenis lokal. Dari hasil uji laboratorium, lanjutnya, perbandingan hasil panen bahkan bisa mencapai dua kali lipat.

iklan zonasultra

“Kita didampingi oleh pakar-pakar di bidangnya,” tutur Karya Jaya saat dijumpai di Desa Langere, Selasa (1/10/2019).

(Baca Juga : Pengeboman Ikan di Butur Mulai Berkurang)

Selain berupaya menjaga kualitas bibit, pihaknya juga komitmen untuk menyalurkan benih secara tepat sasaran. Program budidaya rumput laut ini, menggunakan pendekatan kelompok dan kawasan.

Benih, lanjut Karya Jaya, hanya akan disalurkan kepada masyarakat yang sudah membentuk atau tergabung dalam kelompok nelayan. Saat ini, penerima bantuan bibit unggul rumput laut, sudah 21 kelompok nelayan.

“Yang kita inginkan bantuan kita itu ya, selain tepat sasaran, kualitasnya juga bagus, dia bisa bersaing di pasar-pasar nasional maupun internasional,” terangnya. (b)

 


Kontributor: Irsan R
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib