iklan zonasultra

Sambut Tahun 2020, Pemerintah dan Masyarakat Butur Gelar Istighosah

Sambut Tahun 2020, Pemerintah dan Masyarakat Butur Gelar Istighosah
WISUDA SANTRI - Istighosah pemerintah Kabupaten Buton Utara dirangkaikan wisuda santri TPQ se-Butur, di Rujab Bupati, Selasa (31/12/2019) malam. (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara mengisi penghujung tahun 2019 dengan nauansa Istighosah dirangkaikan dengan wisuda santri TPQ se-Butur. Kegiatannya dipuastkan di Rujab Bupati, Selasa (31/12/2019) malam.

Istighosah ini diinisiasi oleh pemda setempat. Kegiatannya digelar, dalam rangka memohon pertolongan kepada Allah SWT, agar terlepas dari bala bencana.

Bupati Butur, Abu Hasan, menuturkan ada dua dimensi pergantian tahun. Yakni, pertama bertambahya umur usia dan dimensi kedua adalah ketika umur bertambah maka usia juga berkurang.

Malam pergantian tahun, baginya adalah momentum biasa saja. Tidak ada bedanya dengan pergantian hari ataupun bulan.

(Baca Juga : Pemkot Ajak Warga Kendari Zikir Bersama Sambut Tahun Baru)

Oleh setiap individu, kelompok, keluarga bahkan setiap komunitas, tentunya memiliki cara sendiri-sendiri, dalam merayakan pergantian tahun. Ada yang berpesta pora, hura hura, hingga pelaksanaan kegiatan seremonial.

Tradisi ini, kata dia, sudah berlangsung lama. Tidak terkeculai di Buton Utara dan dan daerah-daerah lain.

“Sekarang saatnya kita berubah. Kita isi dengan acara acara yang lebih bermakna secara substansi bagi kehidupan umat manusia,” tuturnya.

Selanjutnya, Presidium Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Sulawesi Tenggara (KAHMI Sultra) itu, juga mengucapkan selamat kepada para peserta wisuda. Ia berpesan, agar para santri untuk terus melanjutkan ngaji, baca Alquran dan melanjutkan hafalan-hafalannya.

(Baca Juga : Sambut Tahun Baru 2020, Pemda Mubar Gelar Dzikir Akbar)

“Kepada orang tua, saya menghimbau untuk tidak menghalang-halangi apalagi mengurangi waktu anak-anak kita untuk belajar Alquran,” pintanya.

Dalam menyongsong tahun 2020, hal yang tidak kalah penting, menurutnya adalah penguatan kebersamaan, semangat menghidupkan persatuan dan kesatuan, dan juga kerja keras oleh semua stakehooder dan elemen yang terlibat dalam pembangunan. Baik itu jajaran eksekutif, legislatif, maupun masyarakat.

“Mudah mudahan, apa yang kita hasilkan di 2019 bisa kita teruskan di 2020 sehingga keberlanjutan dan kesinambungan pembangunan maupun ekonomi kita tetap terjaga, sehingga daerah kita akan terus maju, bersaing dengan daerah-daerah yang lain,” harapnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra itu pun tak lupa mengajak semua elemen masyarakat untuk berbenah, menyongsong tahun 2020 dengan optimis.

“Di tahun 2020 mari kita songsong tahun harapan, tahun denga penuh prestasi bagi daerah Kabupaten Buton Utar,” seru Abu Hasan.(b)

 


Kontributor: Irsan R
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib