Sasar Pemilih Pemula, KPU Mubar Sosialisasi di SMAN 1 Wadaga

Sasar Pemilih Pemula, KPU Mubar Sosialisasi di SMAN 1 Wadaga
SOSIALISASI - Ketua KPU Mubar, Awaluddin Usa bersama komisioner KPU Divisi Data Alirun, Divisi SDM dan Parmas LM Nuzul Ansi saat melakukan sosialisasi pendidikan pemilih pemula di SMAN 1 Wadaga, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Kamis (17/1/2019). (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar) memberikan sosialisasi pendidikan pemilu bagi pemilih pemula dibeberapa sekolah menengah atas (SMA), salah satunya di SMAN 1 Wadaga pada Kamis (17/1/2019).

Ketua KPU Mubar, Awaluddin Usa mengatakan sosialisasi pendidikan pemilih pemula di sekolah memang tengah gencar dilakukan KPU Kabupaten Muna Barat (Mubar) sebagai penyelenggara pemilu. Selain itu, sosialisasi ini juga dilakukan dalam rangka mencukupkan informasi kepada masyarakat terkait dengan pelaksanaan pemilu 2019.

“Kita menilai para pemilih pemula ini sangat potensial. Jadi dengan kita berikan sosialisasi dapat akan semakin meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Awal yang merupakan mantan jurnalis.

Selain melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula, pihaknya juga selama beberapa hari ke dapan akan mengincar beberapa pemilih, yakni pemilih perempuan dan disabilitas. “Kita berharap kedepan tidak ada lagi masyarakat yang tidak tercukupi informasi tentang pemilu dan dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang,” tutur Awal.

Menurutnya, tiga segmen ini sangat penting, sebab pemilih pemula ini adalah pengalaman yang pertama dan kalau informasi mereka tidak cukup, bisa jadi yang bersangkutan tidak menggunakan hak pilihnya. Begitu juga pemilih perempuan yang selama ini ada kebiasaan perempuan yang belum bebas menggunakan hak pilihnya karena mendapat tekanan, padahal perempuan juga memiliki hak yg sama dengan laki laki.

“Jadi informasi yang kami sampaikan dapat mendorong para pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya. Tentu tujuan akhirnya peningkatan partisipasi pemilih. Kemudian, informasi yg didapatkan bisa disebarkan kepada pemilih yg lain,” jelasnya.

Dalam sosialisasi pendidikan pemilih pemula di SMAN 1 Wadaga turut hadir Ketua KPU Mubar Awaluddin Usa, Kordiv Program dan Data Alirun Asa, Kordiv SDM dan Parmas LM Nuzul Ansi, Kepala Sekolah, staf guru dan siswa-siswi SMAN 1 Wadaga. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib