iklan zonasultra

Satgas Covid-19 Butur Gelar Rapid Tes Massal di Pasar, Hasilnya Non Reaktif

Satgas Covid-19 Butur Gelar Rapid Tes Massal di Pasar, Hasilnya Non Reaktif
RAPID TEST - Satgas covid-19 Butur lakukan rapid tes massal di pasar Mina-minga, Kecamatan Kulisusu (Ifang/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 setempat mengelar rapid tes secara massal di pasar sentral Mina-minanga, Kecamatan Kulisusu, Selasa (2/6/2020). Hal itu dilakukan setelah pemerintah pusat menerapkan New Normal (Normal Baru) untuk kabupaten Buton Utara.

Selain kabupaten Buton Utara, Presiden RI Joko Widodo melalui Satgas Covid-19 pusat ada 4 kabupaten lain yang juga menerapkan New Normal, yakni Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Buton dan Buton Selatan.

Bupati Butur, Abu Hasan, yang juga selaku Ketua Gugus Tugas covid-19 Butur menyampaikan bahwa kegiatan rapid tes massal ini untuk lebih menyakinkan semua pihak atas predikat yang diterima dari pemerintah pusat untuk menerapkan new normal, dan tetap melaksanakan aktifitas produktif seperti biasa dengan mematuhi protokol kesehatan yang di berlakukan.

“Mempertahankan inilah yang menjadi dedikasi kita semua dalam rangka buton utara tetap bertahan di zona yang kita inginkan” ujar Abu Hasan

Lebih lanjut ia mengatakan, pasar dijadikan lokasi pertama pemeriksaan rapid tes massal sebagai gambaran bahwa tempat fasilitas publik tetap aman dari virus corona. “Kita tidak curigai, kita lakukan ini supaya kita ada gambaran . Kalau pasar sudah aman insya allah di tempat pelayanan publik lainnya juga aman,” tuturnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Butur, dr Muhammad Ali badar, menyatakan ada 100 orang yang ikut rapid tes hari ini. “Alhamdulillah semua non reaktif, ” ujarnya.

Pemeriksaan tersebut, kata Ali Badar, selain untuk mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Butur, juga untuk memudahkan warga yang akan melakukan perjalanan ke luar daerah dengan menyertakan hasil pemeriksaan di setiap daerah yang akan dikunjungi.

“Setiap yang sudah melakukan pemeriksaan kami memberikan lembaran hasil pemeriksaan dengan bukti pemeriksaan hasil rapid” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ali Badar, Sasaran selain pasar juga akan berlanjut pemeriksaan pada tenaga medis yang terlibat penanganan covid-19 dan area publik lainnya seperti diperbatasan, masjid dan posko perbatasan. “Setiap orang yang masuk untuk KTP Butur kita rapid. Kalau bukan KTP Butur wajib rapid di tempat asal wilayahnya” tandas Ali Badar.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan di lapangan akan lebih ditingkatkan dan merupakan tanggung jawab bersama

“Ini adalah tangung jawab kita semua bukan saja tanggung jawab tenaga kesehatan. Kebijakan pemberlakuan new normal harus di ikuti dengan memperketat penjagaan posko perbatasan,” tutup Ali Badar. (a)

 


Penulis : M5
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib