iklan zonasultra

Satlantas Polres Konut Gencar Sosialisasikan Disiplin Berlalulintas

Satlantas Polres Konut Gencar Sosialisasikan Disiplin Berlalulintas
SOSIALISASI TERTIB BERLALULINTAS - Tim jajaran Satlantas Polres Konut bersama Bhabinkamtibmas Polsek wilayah Konut saat melakukan aksi sosialisasi tertib berlalulintas di kalangan pelajar dan masyarakat umum.(Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU-Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), gencar melakukan sosialisasi tentang disiplin berlalulintas di wilayah itu.

Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Konut, Ajun Komisaris Polisi (AKP), Kunto Sri Haryono mengatakan, sosialisasi dilaksanakan sebagai tahap awal untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai tertib berlalulintas kepada para pengguna kendaraan baik roda dua dan empat.

“Sosialisasi kami laksanakan mulai di tingkat pelajar dan masyarakat umum, dengan melibatkan seluruh jajaran Satlantas Polres Konut dan tim Bhabinkamtibmas tiap-tiap Polsek. Ini juga sebagai salah satu langkah perdana berdirinya Polres di Konut,”ujarnya saat dikomfirmasi, Senin (20/1/2020).

iklan zonasultra

Perwira berpangkat tiga balak di pundaknya ini menjelaskan, untuk kalangan pelajar pihaknya berkunjung langsung di rumah sekolah memberikan pengarahan paham berlalulintas mulai dari penggunaan kendaraan, pengaman, sampai dengan kelengkapan surat-surat kendaraan.

(Baca Juga : Resmikan Polres Konut, Kapolda Ingatkan Pengamanan Pilkada)

Sedangkan di tempat umum, pihaknya melakukan pemasangan spanduk bertuliskan tentang tata tertib berlalulintas dan dipasang di tiap-tiap kecamatan. Tak hanya itu, untuk lebih memaksimalkan aksi yang dilaksanakan tim Satlantas Polres Konut juga menyambangi langsung komunitas-komunitas pengendara dan tokoh masyarakat.

Satlantas Polres Konut Gencar Sosialisasikan Disiplin Berlalulintas“Langkah awal ini adalah tindakan berupa pemberitahuan atau sosialisasi. Di bulan kedua kita lakukan tindakan teguran tertulis maupun lisan, dan bulan selanjutnya kita berikan tindakan (Penilangan) kepada para pengendara yang melanggar, sudah tidak ada lagi toleransi,”tegasnya.

“Kami mengarahkan untuk senantiasa berkendara yang benar dengan memakai helm SNI, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak menggunakan handphone saat berkendara dan yang paling penting tentu telah memiliki SIM, serta lain sebagainya yang berhubungan dengan keselamatan di jalan raya,”tambahnya.

Pihaknya berharap dengan adanya sosialisasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat berlalulitas. Dan benar-benar memperhatikan peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, demi keselamatan dan tertibnya lalu lintas, mengingat seiring bertambahnya jumlah kendaraan angka kecelakaan pun juga meningkat.

“Misi utama kami tentnya bagaimana kita meminimalisir angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di Konut ini. Juga berharap kepada masyarakat supaya terus mematuhi peraturan lalu lintas yang ada agar terhindar dari kecelakaan,”ucapnya.

Untuk diketahui, personil Satlantas Polres Konut berjumlah 12 orang, dilengkapi 1 unit mobil dan 2 unit kendaraan roda dua sebagai penunjang operasional. Jumlah itu terbilang masih sangat minim untuk melangsungkan aksi pengamanan lalulintas di wilayah Bumi Oheo itu.(a)

 


Reporter:Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib