iklan zonasultra

Satu Lagi Warga Kolaka Terkonfirmasi Positif Covid-19

Lima Warga Koltim yang Isolasi Mandiri di Rumah Positif Corona
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Salah seorang warga Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Ia adalah perempuan 27 tahun asal Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka.

Ia dinyatakan positif Covid-19 usai melakukan pemeriksaan swab dengan menggunakan metode real time PCR (Reserve Trancription – Polymerase Chain Reaction).

Iklan Zonasultra

Sebanyak 94 warga Kolaka menjalani pemeriksaan swab. Dari jumlah tersebut hanya satu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, sedangkan lainnya menunjukkan hasil negatif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka dr. Muhammad Aris mengatakan, dengan bertambahnya kasus baru ini maka total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kolaka ada 10 orang.

Rinciannya tiga kasus lama telah dinyatakan sembuh, enam kasus lama masih dalam perawatan, dan satu kasus baru tersebut. Ketujuh orang terkonfirmasi positif Covid-19 ini sedang dan akan menjalani karantina di SIKIM Kolaka.

“Kasus baru ini kontak dengan salah satu dari lima pasien terkonfirmasi positif yang lalu. Seperti diketahui mereka bekerja sebagai staf di Puskesmas Baula,” terang Muhammad Aris melalui pesan WhatsApp, Jumat (19/6/2020).

Dokter Aris merinci ODP (orang dalam pemantauan) berjumlah 153 orang, selesai pemantauan 150 orang, masih dalam pemantauan tiga orang, PDP (pasien dalam pengawasan) tiga orang terdiri dari satu orang meninggal dunia dan dua orang sembuh.

Selanjutnya, OTG (orang tanpa gejala) 251 orang terdiri dari 235 sudah menjalani pemeriksaan dan 16 orang lainnya masih menunggu hasil dari pemeriksaan.

Rapid test yang digunakan gugus tugas untuk menemukan jejak Covid-19 di wilayah Kabupaten Kolaka sebanyak 7.218 buah, Antam 7.800 buah, Pertamina 70 buah. Sehingga, rapid test yang digunakan di Kabupaten Kolaka ada 15 ribu lebih.

“Dengan adanya pelacakan ini kita bisa menemukan beberapa yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujarnyanya.

Diharapkan dengan adanya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini, masyarakat bisa semakin meningkatkan kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. (A)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib