iklan zonasultra

Satu Nakes Positif Covid-19, Layanan Kebidanan dan THT RSUD Buton Tutup

Ilustrasi corona
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buton mengumumkan Kamis (11/6/2020) ada tiga kasus baru positif Covid-19 di wilayah itu. Dari tiga kasus positif itu, satu diantaranya merupakan tenaga kesehatan (Nakes) yang konfirmasi positif Covid-19. Temuan kasus positif nakes ini menyebabkan pelayanan di Ruang Kebidanan dan Poli telinga, hidung, tenggorokan (THT), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), ditutup sementara waktu.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buton, dr Hayun, lewat panggilan telepon, Kamis malam (11/6/2020). Kata dia, penutupan pelayanan tersebut dikarenakan kurangnya sumber daya manusia.

“Untuk sementara layanan Ruangan Kebidanan dan Poli THT di tutupkarena kekurangan tenaga, sedangkan layanan lain masih berjalan seperti biasa,” terang Hayun.

Penutupan dilakukan tanpa batas waktu yang ditentukan. Aku Hayun, saat ini jajaran Puskesmas di tingkat kecamatanlah yang akan memaksimalkan pelayanan Kebidanan di Kabupaten Buton. Jika ternyata ada pasien kebidanan yang harus ditangani lebih serius, maka bakal di rujuk di Kota Baubau, Rumah Sakit Siolam atau di RSUD Palagimata.

Tambah Hayun, pihaknya sangat terpukul dengan adanya nakes yang terpapar Covid-19. Terlebih, belum lama ini mereka mendapati hasil rapid test 2 orang nakes yang bertugas di Kabupaten Buton reaktif.

Yang paling parah dari itu semua, menurut Hayun, masih ada juga warga yang menghujat kinerja nakes.

“Iya (satu Nakes terkonfirmasi Positif Covid-19, yang kontak dgn pasien 01. Nakes memang rawan tertular, makanya saya menyesalkan hujatan di sosmed (sosial media) terhadap Nakes. Padahal mereka memberikan pelayanan pada masyarakat yang sakit dengan penuh risiko dan mempertaruhkan nyawanya,” imbuh Hayun.

Sebagaimana diketahui, satu nakes yang bertugas di RSUD Kabupaten Buton terkonfirmasi Positif Covid-19. Nakes tersebut tertular dari seorang pasien Covid-19 yang pernah dirawat di RSUD Kabupaten Buton. Tim gugus tugas setempat melaporkan hal ini bersama 2 tambahan kasus Covid-19 lainnya.

Dengan tambahan 3 kasus hari ini, maka total terkonfirmasi positif Covid-19 di Buton terhitung sudah 5 orang. Satu Diantaranya dilaporkan telah meninggal dunia.

Kabupaten Buton sendiri merupakan zona merah peta penyebaran Covid-19. Dimana terdapat OTG 55 orang, ODP 9 orang, dan PDP 5 orang, serta terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 5 orang. (b)

 


Kontributor : Risno Mawandili
Editor Rosnia

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib