iklan zonasultra

iklan zonasultra

Satu Penderita Gizi Buruk Asal Wakatobi Dirujuk ke RSUD Bahteramas

53
Satu Penderita Gizi Buruk Asal Wakatobi Dirujuk ke RSUD Bahteramas
GIZI BURUK - Andre Darmawan menemani Zulfan bocah penderita gizi buruk saat menimbang berat badannya di rumah sakit Bahteramas. Selasa malam, (2/1/2018). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

Satu Penderita Gizi Buruk Asal Wakatobi Dirujuk ke RSUD Bahteramas GIZI BURUK – Andre Darmawan menemani Zulfan bocah penderita gizi buruk saat menimbang berat badannya di rumah sakit Bahteramas. Selasa malam, (2/1/2018). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Zulfan (8), warga Dusun Barakati, Desa Komala, Kecamatan Wangiwangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menderita gizi buruk kini telah mendapat perawatan di RSUD Bahteramas Kendari. Zulfan diduga menderita gizi buruk sejak berusia 6 tahun.

Berdasarkan hasil pemeriksaan pihak RSUD Wakatobi, Zulfan mengidap gizi buruk tipe marasmus. Zulfan mengeluh nyeri perut dan demam, BAB bercampur darah, dan terdapat benjolan di anus. Zulfan dirujuk ke RSUD Bahteramas, Selasa (2/1/2018) malam.

Satu Penderita Gizi Buruk Asal Wakatobi Dirujuk ke RSUD Bahteramas
Surat rujukan dari rsud wakatobi

Anak pasangan Ismail dan Wa Biru ini tinggal bersama kakek dan neneknya sejak 5 tahun lalu karena kedua orangtuanya merantau ke Bacan, Maluku Utara.

“Alhamdulillah, pihak rumah sakit Bahteramas langsung melayani kita sehingga si kecil bisa langsung dirawat inap. Meski demikian kita menunggu hasil dari pengambilan sampel darah, dan hasil rontgen karena Zulfan terlihat sering batuk-batuk,” ujar Andre Darmawan yang turut serta merujuk Zulfan.

Andre, calon wakil gubernur Sultra yang baru-baru terhenti di jalur independen ini juga mengatakan bakal membantu meringankan beban biaya pengobatan Zulfan meski telah mengantongi kartu BPJS Kesehatan.

Untuk diketahui, Marasmus merupakan keadaan di mana seorang anak mengalami defisiensi energi dan protein. Umumnya kondisi ini dialami masyarakat yang menderita kelaparan. Gizi buruk tipe marasmus adalah suatu keadaan di mana pemberian makanan tidak cukup atau higiene yang jelek. (C)

 

Reporter: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib