iklan zonasultra

Satu Puskesmas di Butur Ditarget Raih Akreditasi Utama

Kepala Dinas Kesehatan Butur, Muhamad Kasrul
Muhamad Kasrul

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Sejumlah puskesmas di Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah menjalani proses akreditasi. Dari enam puskesmas yang dipersiapkan, salah satunya ditarget mendapat akreditasi tingkat utama tahun 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Butur, Muhamad Kasrul mengatakan, enam puskesmas itu yakni Puskesmas Kambowa, Kioko, Bonegunu, Lambale, Bone Rombo, dan Labaraga. Dan pihaknya menargetkan Puskesmas Bone Rombo mendapat akreditasi utama.

Tim akreditasi sendiri dijadwalkan akan melakukan survei pada November dan awal Desember 2019 mendatang.

iklan zonasultra

“Saya target akreditasi utama, Bone Rombo. Sebenarnya semua, tapi yang ditarget sekarang Bone Rombo. Pokoknya target harus ada,” kata Kasrul di ruang kerjanya, Kamis (24/10/2019).

(Baca Juga : Lagi, Puskesmas Paka Indah Konut Raih Akreditasi Madya)

Kasrul menjelaskan, akreditasi ini ada empat tingkatan, yakni dasar, madya, utama, dan paripurna. Untuk akreditasi dasar dan madya, Butur sudah punya empat puskesmas.

Puskesmas Kulisusu dan Waode Buri mendapat akreditas dasar pada gelombang pertama 2017 lalu. Kemudian, tahun 2018 menyusul Puskesmas Lakansai dan Wakorumba Utara dengan meraih akreditasi madya.

Hal yang mebedakan tingkatan akreditasi, lanjut Kasrul, yaitu sejauh mana kemampuan puskesmas mengembangkan program dan inovasi dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Yang kita harapkan inovasi pelayanan harus ada. Kalau monoton itu-itu saja, melayani tidak ada pengembangan program, akreditasi dasar,” tambahnya. (b)

 


Kontributor: Irsan Rano
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib