SBR005 Pilihan Investasi Masyarakat Dukung Pembangunan

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktoral Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ririn Kadariyah
Ririn Kadariyah

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Surat Utang Negara (SUN) Ritel Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR005 menjadi pilihan investasi bagi masyarakat untuk turut berkontribusi mendukung pembangunan di Indonesia.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Ririn Kadariyah, mengatakan, seri SBR005 ini merupakan salah satu instrumen pembiayaan surat utang negara yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu atau perorangan warga negara di awal tahun 2019 ini.

“Pemerintah menawarkan surat utang negara (SUN) ritel seri SBR005 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan bagi masyarakat,” kata Ririn, di Kendari ditemui beberapa waktu lalu.

Jelasnya, secara perlahan pemerintah ingin menggeser pinjaman yang biasanya diperoleh dari luar negeri, dengan terus meningkatkan pinjaman dalam negeri. Sehingga, pemerintah menjadi lebih mudah dalam mendapatkan pinjaman.

“Ini cara pemerintah mengelola APBN sehingga tidak terjadi defisit serta tidak tergantung pada pinjaman luar negeri,” ujarnya.

Investasi yang dilakukan bersifat aman, sebab dijamin oleh negara. Masyarakat bisa berinvestasi mulai Rp1 juta, dengan kupon minimal 8,15 persen. Besaran kuponnya akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day Reserve Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

Karena investasi ini bersifat tabungan, sehingga tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapat dicairkan sesuka hati. Namun, memiliki fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok SBR005 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo.

Masyarakat bisa membeli atau memesan melalui perbankan yang ditunjukkan seperti Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, Bank Permata, dan BTN. Selain itu, bisa juga melalui Trimegah Sekuritas, Bareksa atau Tanamduit. Pilihan lainnya, yakni melalui fintech peer-to-peer lending, yaitu Modalku dan Investree.

“Bila masyarakat ingin membeli atau memesan maka bisa dilakukan secara online,” ujarnya. (b)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib