SC MGEI UHO Gelar Seminar Potensi dan Eksplorasi Mineral Sultra

Dosen Pembina SC-MGEI UHO Muh Chaerul
Muh Chaerul

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Student Chapter Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (SC MGEI) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar seminar potensi dan eksplorasi mineral di lengan tenggara Sulawesi di Aula Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian UHO, Kamis (10/8/2017).

Dosen Pembina SC-MGEI UHO Muh Chaerul
Muh Chaerul

Dosen Pembina SC-MGEI UHO Muh Chaerul mengatakan, tujuan kegiatan seminar ini yaitu ingin mengeksplor lagi endapan mineral apa yang ada di Sultra. Selain yang diketahui saat ini kekayaan alam yang dimiliki Sultra seperti nikel, emas, dan aspal.

Dia menuturkan kurang lebih 200 peserta yang berasal dari mahasiswa Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, dan Teknik Geofisika FITK UHO, Mahasiswa Universitas19 Nopember Kolaka, dan mahasiswa Universitas Hasanuddin yang kebetulan ada di Kota Kendari saat ini mengikuti kegiatan seminar.

“Seminar diisi dengan materi yang disampaikan oleh para praktisi-praktisi di bidang pertambangan yang sudah sangat berpengalaman dan perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Sultra, dan satu orang mewakili pengurus pusat MGEI,” ujarnya.

Usai mengikuti seminar ini, ia mengharapkan lebih banyak lagi mahasiswa yang menjadi anggota SC MGEI UHO. Sehingga mereka bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dan dipelajari selama di bangku perkuliahan.

“Bisa diaplikasikan dibeberapa perusahaan yang ada di Sultra dalam bentuk kerja praktek, kunjungan ke perusahaan, bahkan kuliah lapangan,” tambahnya.

Untuk diketahui kegiatan seminar ini merupakan kerjasama Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Universitas Halu Oleo, Jurusan Teknik Geologi bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “Ofiolit”, dan pengurus pusat MGEI.

Adapun materi yang diberikan yaitu tentang geologi lengan tenggara Sulawesi oleh Andi Makkawaru dari ESDM Sultra. Materi eksplorasi endapan nikel di Sultra yang dibawakan Nelly Patiung dari PT Glencore Indonesia. Materi terkait operasi produksi aspal Buton, tantangan, dan prospek di masa depan yang diberikan Ilham Haris dari PT Karya Megah Buton. Dan materi the art of exploration yang dibawakan oleh Iryanto Rompi dari pengurus pusat MGEI atau PT Gorontalo Sejahtera Mining (J-Resources Nusantara). (B)

 

Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here