iklan zonasultra

Sebanyak 1.659 Maba Ikuti PENA USN Kolaka

Sebanyak 1.659 Maba Ikuti PENA USN Kolaka
PEMBUKAAN PENA - Sebanyak 1.659 Mahasiswa Baru (Maba) mengikuti kegiatan Pembentukan Insan Akademis (PENA) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mulai 28 hingga 30 Agustus 2019. Kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru yang mengusung tema Restrukturisasi Karakter dan Cara Berpikir Mahasiswa yang Berjiwa Nasionalisme dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dibuka langsung oleh Rektor USN Kolaka, Azhari berlangsung di Gedung Islamic Centre. (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak 1.659 mahasiswa baru (maba) mengikuti kegiatan Pembentukan Insan Akademis (PENA) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mulai 28 hingga 30 Agustus 2019.

Kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru yang mengusung tema Restrukturisasi Karakter dan Cara Berpikir Mahasiswa yang Berjiwa Nasionalisme dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dibuka langsung oleh Rektor USN Kolaka, Azhari di Gedung Islamic Centre, Rabu (28/8/2019).

Iklan Zonasultra

Azhari dalam sambutannya mengatakan kepada mahasiswa baru agar tidak membawa kebiasaan-kebiasaan saat masih menjadi seorang anak SMA. Ketika memasuki dunia perkuliahan maka mereka harus menyesuaikan diri dengan kehidupan mahasiswa di kampus.

Saat menjadi mahasiswa, kata Azhari, mereka sudah mulai harus bertanggung jawab dalam hal mengatur diri sendiri, jadwal belajar, waktu makan, dan menentukan pergaulan, serta mengatur keuangannya.

“Inilah masa transisi bagi anak-anakku semua. Untuk menjawab tantangan pada saat menjadi mahasiswa,” ujarnya.

(Baca Juga : Peserta Lulus SBMPTN USN Kolaka Sebanyak 783 Orang)

Menurutnya, maba harus beradaptasi terhadap perbedaan, di mana dulu mereka terbiasa diatur, baik itu seragam dan waktu masuknya. Maka, di dunia perkuliahan mereka harus bertanggung jawab untuk menentukan dan mengikuti berbagai kebiasaan di dunia kampus.

“Misalnya, dosen menentukan waktu masuk kelas, saat memutuskan untuk tidak masuk mengikuti perkuliahan maka mereka harus menanggung risikonya. Karena kalau tidak datang sebanyak tiga kali maka tidak lulus pada mata kuliah tersebut. Jika tidak lulus dalam waktu enam tahun, maka drop out,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan kepada mahasiswa senior agar tidak melakukan kekerasan dan bertindak kasar kepada mahasiswa baru. Meskipun ia melarang melakukan kekerasan terhadap maba maka jangan menjadikan maba merasa hebat, sombong, dan tidak mau menghargai orang lain.

(Baca Juga : Pendaftaran SBMPTN Ditutup, 1.327 Calon Maba Daftar di USN Kolaka)

Ia mengharapkan dengan tidak adanya kegiatan yang berbau kekerasan fisik, tetap menjadikan mahasiswa baru menghargai dan menjunjung tinggi budaya sopan santun, juga berperilaku yang baik.

“Bukan berarti kalian takut, kalah, dan tunduk. Tapi, sopan itu bagaimana kita menghargai diri sendiri. Memperlakukan orang dengan baik agar kita juga diperlukan dengan baik. Itu namanya sopan santun,” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia PENA USN Kolaka, Abdul Sabaruddin mengatakan, sebanyak 1.659 maba yang mengikuti PENA USN Kolaka merupakan mahasiswa baru hasil seleksi tiga jalur penerimaan mahasiswa yakni SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN. Mahasiswa baru USN Kolaka ini terbagi dalam enam fakultas pada 26 program studi.

Enam fakultas tersebut Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 273 orang, Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan 100 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 317 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 506 orang, Fakultas Hukum166 orang, dan Fakultas Teknologi Informasi sebanyak 297 orang. (b)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib