Sebelum Tes Kesehatan, Calon Kepala Daerah di Sultra Dilarang Makan dan Berhubungan Seks

43
dr Didin Rohidin
dr Didin Rohidin

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Rangkaian tes kesehatan terhadap bakal calon Kepala Daerah (Kada) terus berlanjut hingga hari ini, Sabtu (13/1/2017). Beberapa calon kepala dan wakil kepala daerah dari kabupaten/kota telah menyelesaikan rangkaian tes, tidak terkecuali bakal calon gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Alimazi dan Rusda Mahmud.

Sehari sebelum melakukan tes kesehatan, tim dokter pemeriksa melarang calon kepala daerah untuk mengonsumsi makanan, dan hanya diperbolehkan untuk minum air.

Selain itu, bakal calon juga diseru untuk tidak merokok tiga jam sebelum pemeriksaan. Terkhusus untuk kandidat perempuan, tim dokter melarang untuk berhubungan biologis, terhitung seminggu sebelum melakukan tes.

Wakil katua tim pemeriksa kesehatan dr Didin Rohidin mengatakan, larangan untuk bakal calon perempuan tidak berhubungan badan agar saat pemeriksaan pap smear tidak ada sel sperma dan sel radang yangg memberikan hasil positif palsu. Pap smear merupakan sebuah pemeriksaan keadaan sel-sel pada serviks atau leher rahim.

“Disuru minum dan tahan kencing supaya kandungan kemih kelihatan dengan baik pada saat di USG. Sementara larangan berhubungan badan supaya saat pemeriksaan pap smear tidak ada sel sperma dan sel radang yg memberikan hasil positif palsu,” ungkap Didin Rohidin saat dikonfirmasi lewat telepon.

“Bagi peserta tes yang merokok, itu juga dilarang, terhitung tiga jam sebelum pemeriksaan. Calon kepala daerah juga dianjurkan untuk minum enam gelas air putih pada pukul enam pagi,” tambah Didin Rohidin.

Untuk diketahui, pemeriksaan kesehatan ini berlangsung dari tanggal delapan, dan akan berakhir pada tanggal 15 Januari. Pemeriksaan kesehatan ini mengacu pada surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 231/PL/KPU/VII/2017 tentang standar pemeriksaan kesehatan dan penyalahgunaan narkoba. (A)

 

Reporter : Lukman Budianto
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here