Segera Tutup Pendaftaran, DPW PKS Sultra Baru Kantongi 4 Balon Gubernur

pilgub_PKS_pilkada
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sulawesi Tenggara (Sultra) akan segera menutup pendaftaran bakal calon (Balon) gubernur pada 31 Juli 2017 mendatang. Sejak pendaftaran dibuka pada 10 Juli lalu, baru ada 4 balon gubernur yang resmi mendaftar dengan mengembalikan formulir.

pilgub_PKS_pilkada
Ilustrasi

Sekretaris DPW PKS Sultra La Ode Dasnah menyebut keempat balon tersebut yakni Lukman Abunawas, Ali Mazi, Asrun, dan Hugua. Sementara balon gubernur lainnya baru sebatas mengambil formulir dan belum mengembalikannya di Sekretariat DPW PKS Sultra, Kendari.

“Pendaftaran kita akan rampungkan bulan ini. Pada tahap penjaringan ini kami memberikan kesempatan kepada semua kandidat eksternal maupun internal PKS untuk mendaftar dengan menyerahkan berkas. Setelah itu kita masuk ke tahap penjaringan selanjutnya,” tutur Dasnah melalui telepon selulernya, Selasa (25/7/2017).

Salah satu yang wajib dipersiapkan setiap balon gubernur adalah partai koalisi sebab saat ini PKS hanya memiliki 5 kursi di DPRD Sultra. Berdasarkan aturan perundang-undangan butuh minimal 4 kursi koalisi lagi untuk dapat jadi pintu pencalonan.

Lanjut Dasnah, balon gubernur yang cepat mendapatkan koalisi akan mendapatkan poin plus dari PKS. Namun demikian, faktor-faktor lain juga akan menjadi pertimbangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS dalam menentukan kandidat yang diusung, seperti tingkat keterpilihan, kesamaan visi misi dengan PKS, dan lainnya.

Mengenai cepat atau tidaknya terbitnya SK rekomendasi pencalonan PKS itu tergantung kandidat yang akan diusung. Kata Dasnah, jika kandidat terpilih cepat mempersiapkan diri dan seluruh perangkat maka dipastikan SK cepat terbit. (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here