Tampilan Desktop



Sehari Masuk Ramadhan Harga Sembako di Bau-Bau Naik
79 Dibaca

Sehari Masuk Ramadhan Harga Sembako di Bau-Bau Naik TINJAU PASAR – Anggota DPD RI, Wa Ode Hamsinah Bolu Tinjau Harga Sembako Di Pasar Wameo, Baubau, Jumat (26/5/2017). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BAU-BAU – Sehari memasuki bulan Suci Ramadhan, harga sembako di pasar Wameo, Kecamatan Batu Poaro, Kota Bau-Bau merangkak naik.

Kenaikan itu terjadi pada komponen Telur dari harga Rp 40 ribu menjadi Rp 42 sampai Rp 45 ribu/kg. Bawang putih dari Rp 50 ribu menjadi Rp 60 ribu/kg, terigu naik ringan tergantung merek harga termurah Rp 7500 /kg, dan yang termahal Rp10.000/kg

Wa_Ode_Hamsinah_Bolu

Wa Ode Hamsinah Bolu

Minimnya pasokan dari luar Kota Bau-Bau menjadi pemicu kenaikan harga di komoditi tersebut. Hal itu dibenarkan oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah(DPD) Republik Indonesia(RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara(Sultra), Waode Hamsinah Bolu yang beberapa hari ini telah melakukan Reses di sejumlah pasar di Kota Bau-Bau.

Selama masa reses yang berlangsung sejak 9 Mei hingga 4 Juni 2017, Hamsinah melakukan pemantauan terhadap harga bahan pangan di pasar masing-masing Dapil.

“Tugas pemantauan ini dilakukan sebagai fungsi pengawasan Komite II yang merupakan mitra Kementerian Perdagangan(Kemendag). Pengawasan ini perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan harga dan kecukupan pasokan bahan pangan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” ujarnya. Jumat, (26/5/2017).

Lanjut Hamsina, blusukan di Pasar Wameo, Kota Baubau, sebagai bahan evaluasi. DPD memiliki fungsi pengawasan, sehingga pihaknya harus melakukan pengawasan di dapil masing-masing.

“Penanggungjawab stabilitas harga dan pasokan pangan menjelang Ramadhan adalah eksekutif, dalam hal ini Kemendag. Ya Kemendag yang harus bekerja, Legislatif seperti DPD mengawasi. Mekanismenya mengawasi, menyampaikan hasil pengawasannya ke Kemendag utk ditindaklanjuti atau dituntaskan,” tukasnya.

Di Pasar Wameo Baubau, sambungnya, sudah terjadi peningkatan harga adalah bawang putih dan telur. Kedua komoditi itu bukan cuma harga naik, tetapi pasokan juga kurang. (B)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com