iklan zonasultra

Sejumlah Anggota Pramuka di Kolaka Dapat Penghargaan

Sejumlah Anggota Pramuka di Kolaka Dapat Penghargaan
GERAKAN PRAMUKA - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kolaka, Ahmad Safei memberikan penghargaan Lencana Pancawarsa kepada Satuan Karya (Saka) Pramuka Tergiat di Kabupaten Kolaka. Penyematan tanda penghargaan yang diberikan kepada Anggota Dewasa Gerakan Pramuka dilakukan saat upacara peringatan hari pramuka ke-58 tahun di Lapangan Kantor Bupati Kolaka, Rabu (14/8/2019). (FOTO ISTIMEWA)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kolaka, Ahmad Safei menganugerahkan tanda penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Pancawarsa dan Piagam Penghasilan kepada Anggota Dewasa Gerakan Pramuka Kolaka.

Penyematan tanda penghargaan diberikan atas pengabdian anggota dewasa selama lima tahun dan kelipatannya yang tidak pernah terputus. Pemberian penghargaan dilakukan saat upacara peringatan hari pramuka ke-58 tahun di Lapangan Kantor Bupati Kolaka, Rabu (14/8/2019).

Kesetiaan dan keaktifan dalam menjalankan tugas, kewajiban serta tanggung jawab sebagai anggota dewasa gerakan pramuka ini dinilai sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan pembinaan kepramukaan di Kolaka.

iklan zonasultra

Selain memberikan penganugerahan terhadap 33 anggota dewasa gerakan pramuka, Bupati Kolaka ini juga memberikan penghargaan kepada gugus depan dan satuan karya pramuka tergiat.

Baca Juga : 1.250 Anggota Pramuka di Kendari Perang Lawan Sampah Plastik

Untuk gugus depan tergiat tingkat pramuka siaga, penghargaan diberikan kepada Gugus Depan Kolaka Nomor 09.013-09.014 Pangkalan Latihan SD Negeri 2 Kolakaasi Kwartir Ranting Latambaga.

Tingkat pramuka penggalang diberikan penghargaan kepada Gugus Depan Kolaka Nomor 09.009-09.010 Pangkalan Latihan SMP Negeri 2 Latambaga Kwartir Ranting Latambaga. Sedangkan, untuk tingkat pramuka penegak, Bupati memberikan penghargaan kepada Gugus Depan Kolaka Nomor 11.007-11.008 Pangkalan Latihan SMK Negeri 1 Tanggetada Kwartir Ranting Tanggetada.

Sementara, satuan karya pramuka tergiat pertama adalah Satuan Karya Pramuka Wira Kartika Cabang Kolaka, Pangkalan Latihan Kodim 1412 Kolaka. Kedua, Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Cabang Kolaka, Pangkalan Latihan Polsek Wundulako. Ketiga, Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Cabang Kolaka, Pangkalan Latihan Dinas Kesehatan Kolaka.

Dalam upacara peringatan itu, Bupati Kolaka ini membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waweso. Dalam sambutannya ia mengatakan tema yang diusung “merajut impian membangun dan merekatkan NKRI”, sebab negeri ini tengah dihadapkan dengan maraknya ancaman dan permasalahan yang dapat mengusik keberlangsungan bangsa dan negara.

Ia mengungkapkan banyak manfaat yang diperoleh dari mengikuti gerakan pramuka khususnya bagi generasi muda. Ketika mengikuti kegiatan pramuka, anggotanya diajarkan pendidikan yang membentuk karakter kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreativitas, dan kecakapan dalam berpikir.

Selain memberikan keterampilan pribadi, pramuka juga mengajarkan tentang kebersamaan. Tidak hanya itu, pramuka juga mengajarkan cara berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang baik. Ia pun juga mengajak para generasi muda untuk mengikuti gerakan pramuka.

Baca Juga : Kwarda Gerakan Pramuka Gelar Kegiatan Sosial

“Karena pramuka sangatlah penting untuk membentuk karakter muda bangsa yang bertanggung jawab,” tambahnya.

Untuk itu, diharapkan gerakan pramuka ini dapat menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa ini, di antaranya untuk melawan korupsi, kolusi, dan nepotisme serta radikalisme, dan terorisme. Selain itu, dapat menghindarkan generasi muda dari maraknya penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu, setiap anggota pramuka diharapkan peduli dan ikut bertanggung jawab dengan melakukan aksi nyata terhadap kerusakan dan pencemaran lingkungan yang sedang terjadi saat ini.

“Bila kita gagal memelihara kelestarian lingkungn sama artinya mengundang timbulnya berbagai bencana seperti banjir, longsor, kebakaran hutan, dan lahan,” pungkasnya. (B)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib