iklan zonasultra

Sejumlah OPD di Baubau Dipimpin Plt

ilustrasi jabatan, ilutrasi kursi, ilustrasi pimpinan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,BAUBAU– Sejumlah jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami kekosongan pejabat definitif. Sementara waktu jabatan itu diisi pelaksana tugas (Plt). Kekosongan sendiri disebabkan karena pejabat di OPD itu telah pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Demi menjaga palayanan agar tetap berjalan seperti sedia kala, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Mucthar, bahkan ikut mengisi kosongan sementara sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Kekosongan pejabat sendiri juga terjadi di Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan, serta Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Baubau. Pejabat pelaksana sendiri di antaranya, Dinas Koperasi dan UMKM sementara diisi Yakub, Dinas Perdagangan diisi Abdul Fatar, sedangkan Asisiten II sementara dijabat Asmahani.

iklan zonasultra

Menurut Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, pelayanan pada OPD yang diisi oleh Plt akan tetap efektif. Meski begitu dirinya tidak memungkiri adanya sedikit gangguan efektivitas pada masalah penganggaran. Sebab, Plt tidak memiliki kuasa untuk mengeluarkan anggaran sesuka hati, meski lewat izin Sekda.

(Baca Juga : Tapal Batas Baubau-Busel Masih Berpolemik)

Selain itu, Monianse juga masih menganggap wajar jika Sekda merakap jabatan sebagai Kepala BKPSDM. Pasalnya urusan terkait mutasi dan promosi jabatan akan makin efektif.

“Saya kira akan tetap efektif, OPD itu sifatnyakan managerial, bukan pada tataran teknis. Soal penganggaran, jika ada hal-hal urgen yang sifatnya sangat strategis, para pelaksana tugas, ya harus menghadap ke Sekda,” urai Monianse saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/1/2020).

Ditanya akan adanya lelang jabatan dalam waktu dekat ini, perihal kekosongan lama pejabat OPD, Monianse tidak menutup kemungkinan itu. Hanya saja dia tidak tahu kapan waktu persisnya. (C)

 


Kontributor : Risno Mawandili
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib