iklan zonasultra

Sekda Baubau Minta OPD Optimalkan SIMDA

SIMDA - Pemkot Baubau mengelar kegiatan forum perencanaan dan pembekalan SIMDA di salah satu kafe di Kota Baubau, Jumat (13/12/2019). Dalam kegiatan ini Sekda Roni Mucthar menyampaikan agar OPD bersinergi. (RISNO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Guna membangun koneksi yang sinergi dalam perencanaan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau,Roni meminta tiap organisasi perangkat daerah (OPD) mengoptimalkan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).

Hal ini diucapkan Roni saat mengisi kegiatan forum perencanaan dan pembekalan SIMDA di salah satu kafe di Kota Baubau, Jumat (13/12/2019). Menurutnya dengan mengoptimalkan penggunaan SIMDA, maka proses monitoring dan evaluasi pada kinerja OPD akan transparan dan akuntabel.

Iklan Zonasultra

“Kalau dia sudah konek, maka apa yang diproses diawal, perencanaan di OPD itu, dengan hasil laporan pada BPKAD tidak akan selaras hasilnya,” ujarnya kepada awak media.

SIMDA sendiri merupakan situs pemerintah daerah yang berisi laporan kinerja OPD. Di sana dapat dilihat sejauh mana perencanaan dieksekusi dengan baik oleh tiap OPD.

Baca Juga : Pemkot Baubau Bagikan 1000 Lembar Sertifikat Tanah Gratis pada Warganya

Roni melanjutkan, SIMDA Kota Baubau sudah digunakan sejak lama, setahun lalu, hanya saja belum optomal. Katanya belum pas cara kerjanya, OPD belum melaporkan semua skala kegiatannya tepat waktu pada SIMDA.

“Sekarang kita akan upayakan itu. Supaya progam Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), konek dengan OPD lain, juga konek dengan BPKAD,” tambah Roni.

Selain optimalisasi SIMDA, Roni juga mengingatkan OPD soal sinergitas program. Menurutnya OPD jangan ambisius, melainkan harus bekerja sama agar program yang dihasilkan dapat saling mendukung satu sama lain. (B)

 


Kontributor : Risno Mawandili
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib