iklan zonasultra

Selama 2019, Pemda Konut Salurkan 461 Unit RTLH

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Konut, Azis Muslim
Azis Muslim

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU– Selama 2019 ini Pemerintah Daerah (Pemda), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Konut telah menyalurkan 461 unit Bantuan Stimulan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada masyarakat di wilayah itu.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Konut, Azis Muslim mengatakan, santunan yang diberikan terbagi dalam dua item yakni 191 unit melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (ABPD) Konut, dan 270 unit lainnya bersumber dari APBN Pusat koordinasi Pemda Konut.

“Bantuan telah disalurkan semua dan diterima langsung oleh masyarakat, tersebar di 13 kecamatan. Bantuan yang diberikan merupakan salah satu upaya pemerintah memberantas kemiskinan, terutama bagi masyarakat kita yang memiliki tempat tinggal tidak layak huni,” kata Azis Muslim, Rabu (30/10/2019).

iklan zonasultra

Diungkapkannya, donasi yang telah direalisasikan diterima langsung masyarakat dalam bentuk bahan bangunan, seperti atap seng, kayu, semen dan lainnya dikawal tim pendamping. Untuk APBD nilainya sebesar Rp10 juta per unit dengan total keseluruhan Rp191 juta, dan APBN Rp17,5 juta per unit dengan jumlah keseluruhan sekira miliaran rupiah.

“Bantuannya ini berdasarkan usulan masing-masing kepala desa. Selanjutnya, kami bersama tim dari kementerian turun verifikasi di lapangan untuk melihat layak dan tidaknya diberikan, jadi tidak serta-merta langsung dikasi, ada juknisnya. Yah, langsung Pak Bupati dan pihak kementerian berikan bantuannya,” ujarnya.

Dia menambahkan, program bantuan bedah rumah di Dinas Perumahan dan Pemukiman menjadi skala prioritas pemerintah setempat untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik, sejahtera dan beradab.

“Kami dari pemerintah terus berjuang untuk kemajuan taraf hidup masyarakat. Tak hanya melalui anggaran daerah saja, sampai di pusat kami perjuangkan. Ini merupakan dorongan dan suport dari pimpinan daerah tanpa ada intervensi,” tukasnya. (B)

 


Reporter:Jefri Ipnu
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib