Seluruh OPD di Konut Paparkan Hasil Kinerja 2017

356
Seluruh OPD di Konut Paparkan Hasil Kinerja 2017
PEMAPARAN HASIL KINERJA - Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), melaporkan hasil kinerja pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 lalu, bertempat di kantor penghubung Pemkab Konut di Kota Kendari, Sabtu (13/10/2018). (MURTAIDIN/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaporkan hasil kinerja pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 lalu di Kantor Penghubung Pemkab Konut di Kendari, Sabtu (13/10/2018). Laporan ini untuk mengetahui apakah target yang diberikan kepada tiap-tiap OPD telah terpenuhi.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Konut Antariksa mengatakan, rapat evaluasi OPD dilakukan dalam rangka penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Masing-masing SKPD pada pertemuan memaparkan tentang kinerja yang telah dicapai dalam pelaksanaan program maupun kegiatan dalam rangka memenuhi target yang telah ditentukan dalam dokumen
renstra masing-masing SKPD untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) kepala daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2016-2021.

BACA JUGA :  Petugas SPBU Wanggudu Raya Kedapatan Isi Pertalite ke Jeriken dalam Mobil

Lanjut Antariksa, dalam pemaparan kinerja dapat diketahui OPD mana saja yang memenuhi target yang diberikan dan OPD apa saja yang tidak memenuhi target. Sehingga ke depan dapat diberikan solusi untuk penanganannya.

“Di sini kita dapat menilai keberhasilan dan kegagalan OPD dalam mencapai target sasaran strategis dan dapat saling memberikan masukan untuk perbaikan laporan,” ujarnya.

Menurut Antariksa, semua ini dilakukan agar benar-benar siap saat Pemkab Konut melalui perwakilan sejumlah OPD dievaluasi KemenPAN-RB pada November mendatang sehingga laporan yang dibuat berbanding lurus dengan kinerja yang berorientasi hasil di lapangan.

BACA JUGA :  Petugas SPBU Wanggudu Raya Kedapatan Isi Pertalite ke Jeriken dalam Mobil

“Melihat nilai SAKIP Kabupaten Konawe Utara Utara tahun 2017 masih C. Ini hendaknya bisa ditingkatkan menjadi B di tahun 2018 ini. Oleh karena itu kita serius memperbaiki sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah,” pungkasnya.

Namun dirinya enggan membeberkan nama-nama OPD yang tidak memenuhi target dalam pelaksanaan realisasi anggaran tahun 2017 lalu. Akan tetapi, terdapat sejumlah OPD yang saat usai pemaparan kinerja dianggap melebihi target.

“Ada yang melebihi taget dari program yang dilaksanakan seperti Bappeda, BPKAD dan Sekretariat DPRD,” tutup Antariksa. (B)

 


Reporter : Murtaidin
Editor : Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini