iklan zonasultra

Sembuh dari Covid-19, Lukman Abunawas Kembali Bekerja

Wagub Sultra Jalani Rapid Test di RSUD Bahteramas
RAPID TEST - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas menjalani pemeriksaan rapid test atau tes cepat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas, Kendari, Kamis (23/4/2020) Lalu. (Foto Dokumentasi)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sultra ini sudah dipulangkan dari Rumah Sakit Bahteramas, Sabtu (19/8/2020).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sultra, Muhammad Ridwan mengatakan, Wagub Sultra dibolehkan pulang ke rumah oleh dokter setelah menjalani isolasi selama 20 hari dan dalam keadaan tanpa gejala.

Menurut Ridwan, Lukman Abunawas tetap menjalani uji usap, meski Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 revisi ke-5 yang ditandatangani Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada 13 Juli 2020 yang tidak membolehkan lagi melakukan tes polimerase chain reaction (PCR) setelah diisolasi selama 10 hari.

“Kan orang sekarang tidak perlu swab, pakai (mengacu) di revisi ke-5. Tapi untuk memastikan (positif/negatif) harus dilakukan swab dulu. Tapi kan tidak perlulah karena sudah dirawat hampir 20 hari,” ujar dr. Muhammad Ridwan saat dihubungi melalui telepon, Minggu (20/9/2020).

Ia menjelaskan, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra itu sudah kembali menjalani rutinitasnya sebagai wakil gubernur, namun, itu dilakukan di rumahnya dengan menetapkan work from home (WFH). Lukman juga membatasi jumlah tamu yang ingin menemuinya.

“Tamunya dibatasi, pekerjaannya yang ringan-ringan, karena proses pemulihan, mudah-mudahan satu dia minggu ini sudah bekerja (normal), tapi untuk yang ringan-ringan sudah dilakukan sebagai wakil gubernur,” tukas dia.

Sebelumnya, mantan Bupati Konawe dua periode ini dinyatakan positif terpapar virus Corona, Minggu (31/8/2020) lalu. Lukman Abunawas terpaksa dirawat di ruang isolasi VIP Rumah Sakit Bahteramas setelah mengeluhkan demam. (A)

 


Reporter: Fadli Aksar
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib