iklan zonasultra

Semester I 2019, BPJS Ketenagakerjaan Kendari Akuisisi 40 Ribu Pekerja

Semester I 2019, BPJS Ketenagakerjaan Kendari Akuisisi 40 Ribu Pekerja
BPJS Ketenagakerjaan Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kendari berhasil mengakuisisi sebanyak 40.089 tenaga kerja menjadi perserta hingga semester I tahun 2019.

BPJS Ketenagakerjaan pun semakin giat meningkatkan kepesertaan dari berbagai sektor, mulai dari pekerja badan usaha, pekerja sektor non formal dan sektor jasa konstruksi. Hal ini sejalan dengan tema BPJS Ketenagakerjaan tahun ini, yaitu Aggresive Growth.

Secara rinci dijelaskan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari La Uno di Kendari, Selasa (18/6/2019) bahwa BPJS mengakuisisi kepesertaan sebanyak 355 Badan Usaha, 11.567 pekerja badan usaha, 10.432 pekerja non formal dan 18.090 pekerja jasa konstruksi.

iklan zonasultra

Baca Juga : Tingkat Peserta BPU, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi dan Dialog Kebangsaan

“Hal tersebut tidak terlepas dari peran kanal layanan BPJS Ketenagakerjaan yang tersebar di wilayah kota Kendari,” ungkap La Uno.

Sebagai buktinya, hasil akuisisi peserta non formal dilakukan oleh agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (PERISAI) yang berhasil mengakuisisi sebanyak 7.341 peserta baru.

Kemudian, Service Payment Office (SPO) yang bekerjsama dengan bank yang ada di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Kota Kendari dengan total 398 peserta baru dan akuisisi lainnya dari kanal layanan BPJS Ketenagakerjaan.

Agen PERISAI BPJS Ketenagakerjaan telah dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan untuk memperkenalkan produk dan layanan BPJS Ketengakerjaan yang selanjutnya bertugas untuk melakukan sosialisasi, akuisisi, dan pengelolaan kepesertaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

La Uno mengatakan, bahwa BPJS Ketenagakerjaan akan lebih giat dalam mengakuisisi kepesertaan karena jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan hak pekerja yang harus dipenuhi dan merupakan bentuk kepedulian negara kepada seluruh pekerja.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan: Pengusaha Harus Punya 5 Jantung

Untuk diketahui, jumlah peserta dari pekerja penerima upah per tanggal 31 Desember 2018 sebanyak 153 ribu orang, sementara itu, pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) sebanyak 38 ribu orang serta pekerja jasa konstruksi 54 ribu orang. Sehingga total pekerja secara keseluruhan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan cabang Kendari adalah 245 ribu peserta.

Angka ini baru memenuhi 22 persen dari total angkatan kerja di Sultra sebnyak 1,2 juta pekerja.(b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abdul Saban

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib