Sentra IKM di Kolaka Mulai Dibangun

ilustrasi industri kecil
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pemerintah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi mulai membangun Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Mekongga.

ilustrasi industri kecil
Ilustrasi

Hal itu ditandai dengan peletakkan batu pertama pembangunan Sentra IKM Mekongga oleh Sekretaris Daerah Pemda Kolaka, Poitu Murtopo di kelurahan Tahoa, kecamatan Kolaka, kabupaten Kolaka, Rabu (26/7/2017).

Menutut Poitu, Sentra IKM merupakan lokasi pemusatan kegiatan industri kecil dan industri menengah yang menghasilkan produk sejenis, menggunakan bahan baku sejenis serta mengerjakan proses produksi yang sama.

Sentra ini juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang yang dirancang berbasis pada pengembangan potensi sumber daya daerah, serta dikelola oleh suatu pengurus profesional.

Dalam kesempatan itu, Poitu berharap agar adanya sentra IKM ini dapat menambah penghasilan masyarakat.

“Apalgi lokasi pembangunannya memanfaatkan lahan bekas pelaksanaan Hallo Sultra di Kolaka tahun lalu, sehingga pembangunan ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” terang Poitu.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kolaka Asmani Arif menjelaskan, sentra IKM yang dibangun itu menggunakan anggaran dari kementerian Perindustrian dan Perdagangan.

“Anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat untuk pembangunan ini senilai Rp21 miliar,” katanya.

Kawasan ini nantinya akan ditempati oleh masyarakat, khususnya mereka yang memiliki usaha industri kecil menengah dan dikelola oleh sebuah lembaga koperasi.

Selain itu, Asmani Arif berharap, sentra industri ini bisa dijadikan pusat penghasil kain tenun adat Kolaka serta kegiatan berbasis industri rumahan.

“Recananya, di kawasan ini akan didirikan ruangan pembuatan kain tenun adat,” jelas Asmani. (*)

 

Penulis: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here