Sepanjang 2018, Poltekkes Kendari Lahirkan 46 Judul Penelitian

Sepanjang 2018, Poltekes Kendari Lahirkan 46 Judul Penelitian
SEMINAR - Sepanjang tahun 2018, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Kendari berhasil melahirkan 46 judul penelitian dan pengabdian masyarakat yang terbagi dalam penelitian unggulan, penilitian hibah bersaing, penelitian dosen pemula dan penelitian calon dosen. (M1/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sepanjang tahun 2018, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Kendari berhasil melahirkan 46 judul penelitian dan pengabdian masyarakat yang terbagi dalam penelitian unggulan, penilitian hibah bersaing, penelitian dosen pemula dan penelitian calon dosen.

Kepala Unit Penelitian Poltekes Kendari, Suriana Koro mengatakan pihaknya mewajibkan setiap dosen di kampus itu untuk mempunyai hasil penelitian untuk dipresentasikan.

iklan zonasultra

“Untuk diketahui, penelitian dosen sekaligus juga menjadi tempat pengabdian kepada masyarakat di lokasi penelitiannya,” kata Suriana Koro, Selasa (11/12/2018).

Dia menyebut, salah satu hasil penelitian dosen Poltekes Kendari tahun ini adalah milik Reni yunus dan Supiati tentang analis pertumbuhan Salmonella Thypi pada media yang diberi air rebusan cacing tanah.

Kata dia, hasil penelitian tersebut harus dipubliksaikan melalui jurnal Internasional dan nasional, serta wajib memiliki sertifikat yang dikerluarkan oleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“Jadi hasil-hasil penelitian itu akan disampaikan kepada masyarakat, karena ini merupakan pertanggung jawaban para dosen ketika mendapatkan dana hibah penelitian,” lanjutnya.

Dia menyampaikan, pihaknya menargetkan 40 judul penelitian bisa dilakukan di tahun depan. Program penelitian para dosen ini bisa menggunakan skema dosen pemula, penelitian terapan unggulan perguruan tinggi dan penelitian kerja sama antar perguruan tinggi. (C/M1)

 


Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib