iklan zonasultra

Sepulang dari Korea, Seorang Warga Kendari Diduga Terjangkit Virus Corona

Sepulang dari Korea, Seorang Warga Kendari Diduga Terjangkit Virus Corona
PASIEN ISOLASI - Seorang warga Jalan Kijang, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) WY diisolasi di Rumah Sakit Bahteramas, Senin (3/2/2020). WY dirawat lantaran mengalami demam usai pulang dari perjalanan di Korea Selatan. (Isitmewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seorang warga Jalan Kijang, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) WY diisolasi di Rumah Sakit Bahteramas, Senin (3/2/2020). WY dirawat lantaran mengalami demam usai pulang dari perjalanan di Korea Selatan.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Rumah Sakit Bahteramas dr. Sjarif Subijakto membeberkan, pasien melakukan tour (perjalanan) di Korea Selatan dengan rombongan sebanyak delapan orang dari Kendari. Selanjutnya, di negeri ginseng pasien tinggal selama 4 hari.

Baca Juga : RSUD Bahteramas Tangani 4 Warga Cina Terkena Flu

iklan zonasultra

Tiba di Kendari Rabu (pekan lalu), tutur Sjarif, lalu Kamis dan Jumat pasien masuk kerja di kantor Sarana Pentura Sultra. Kemudian Sabtu (1/2/2020) pasien mengalami demam dan langsung dibawa ke Puskesmas Poasia.

Keesokan harinya pasien masih demam, batuk dan lemas. Sore pukul 15.00 Wita perawat di puskesmas tersebut memutuskan untuk dirujuk ke IGD Bahteramas dengan demam 39,7 derajat Celcius.

“Karena bukan dari China khususnya Wuhan, dan berdasar hasil lab maka dinyatakan pasien Flu biasa. Bila keadaan stabil pasien dipulangkan. Disebut suspect atau dicurigai, dan SOP sudah diisolasi, tinggal dievaluasi lab benar atau tidaknya,” ujar dr Sjarif Subijakto saay dihubungi melalui WhatsApp, Senin (3/2/2020).

Baca Juga : Antisipasi Virus Corona, RSUD Bahteramas Siapkan Ruang Isolasi

Sjarif menyatakan bahwa hingga saat ini keadaan umum pasien tengah membaik dan tidak ada keluhan. Ia mengimbau agar masyarakat tidak cemas dengan pasien suspect novel Coronavirus (N-Cov2019) itu. Karena pasien sudah diisolasi.

“Masyarakat jangan cemas dulu, sebab pasien sudah diisolasi dan dievaluasi. Hasil lab saat ini normal, pasien membaik. Semoga flu biasa saja. Tapi sudah waspada pihak kami (RS Bahteramas). Jadi saya imbau masyarakat tenang saja,” tegas Sjarif. (A)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib