Tampilan Desktop



Serobot Lahan Warga, DPRD Konsel Bentuk Pansus Pelanggaran PT. Merbau
57 Dibaca

Perselisihan PT. Merbau dengan para pemilik lahan bermula ketika perusahaan tersebut akan membuka lahan perkebunan sawit. Pihak perusahaan langsung melakukan pengukuran lahan tanpa melibatkan masyara

Perselisihan PT. Merbau dengan para pemilik lahan bermula ketika perusahaan tersebut akan membuka lahan perkebunan sawit. Pihak perusahaan langsung melakukan pengukuran lahan tanpa melibatkan masyarakat sebagai pemilik lahan. Bahkan sejumlah kuburan digusur juga tanpa pemberitahuan dengan warga. 
Parahnya lagi, warga yang menolak menjual tanahnya dan mencabut patok yang ditetapkan oleh pihak perusahaan, langsung dilaporkan ke penegak hukum bahkan sampai di penjara. Ada dugaan pihak perusahaan menggunakan aparat untuk mengintimidasi warga setempat. Hal ini pun ditentang dan diprotes oleh para pemilik lahan. (Baca juga : Diduga Serobot Lahan, Warga Demo Perusahaan Sawit PT. Marbau)
Anggota Komisi II DPRD Konsel, Ramayanto mengatakan, pihaknya membentuk Pansus setelah melakukan hearing antara pihak perusahaan dan masyarakat serta pihak Badan Pertanahan Negara (BPN) wilayah Konsel. Ia berharap dengan adanya Pansus bisa menyelesaikan persoalan yang terjadi antara investor dan masyarakat.
“Untuk mencari solusi kami adakah hearing dan hasilnya Pansus dibentuk guna menyelesaikan persoalan itu,” kata Mayanto, Senin (23/3/2015)
Ramayanto mengungkapkan, berbagai ketimpangan juga dilakukan oleh PT Merbau kepada pemilik lahan. Sebab berdasarkan beberapa informasi yang diperolehnya, perusahaan tersebut telah berkomitmen untuk memberikan lahan plasma bagi para pemilik lahan yang tanahnya dibebaskan, namun hal itu juga tidak dilakukan.
“Tanah warga dibeli dengan tidak mengadakan bukti jual beli. Selain itu, pihak perusahaan langsung main gusur dan patok tanah warga seperti di Desa Amotowo Kecamatan Landono,” kata politisi PPP ini. (Efan)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com