iklan zonasultra

Silaturahmi dengan Warga Desa Sopura, Camat Pomalaa Minta Jaga Keberlangsungan Operasi PT Antam

ANTAM - PT Antam UBPN Sultra melalui jajaran bidang Eksternal Relation menggelar silaturahmi dengan warga desa Sopura, kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka. Kegiatan itu dilaksanakan di balai pertemuan desa setempat, Kamis (19/10/2017). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

Silaturahmi dengan Warga Desa Sopura, Camat Pomalaa Minta Jaga Keberlangsungan Operasi PT Antam ANTAM – PT Antam UBPN Sultra melalui jajaran bidang Eksternal Relation menggelar silaturahmi dengan warga desa Sopura, kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka. Kegiatan itu dilaksanakan di balai pertemuan desa setempat, Kamis (19/10/2017). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Camat Pomalaa, kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) Sairman meminta warga desa Sopura menjaga keberlangsungan operasi PT Aneka Tambang (Antam) di daerah itu.

Hal itu disampaikan Sairman dalam sambutannya saat mengikuti kegiatan silaturahmi PT Antam Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) bersama warga desa Sopura, di balai pertemuan desa setempat, Kamis (19/10/2017).

Menurutnya, keberadaan perusahaan tambang sebagai milik negara itu di kecamatan Pomalaa memberikan hubungan timbal-balik yang sangat baik. Dimana selama ini, kontribusi program Community Social Responsibility (CSR) Antam di daerah itu dinilai sangat besar.

Untuk itu, dia mengingatkan agar masyarakat bersama stakeholder di desa itu menjaga keberlangsungan operasi perusahan tersebut, dengan menciptakan suasana yang kondusif dan menjalin hubungan harmonis dengan PT Antam UBPN Sultra.

“Jika Antam di Pomalaa beroperasi dengan baik, tentu akan mendatangkan keuntungan perusahaan. Kalau Antam untung, maka hasil keuntungan itu juga akan dibagi kepada masyarakat melalui program CSR. Jadi semakin banyak keuntungan Antam, maka anggaran CSR-nya juga semakin besar untuk masyarakat,” kata Sairman.

Sairman juga mengapresiasi masyarakat Sopura yang selama ini selalu menjaga hubungan harmonis dan menjalin komunikasi yang baik dengan pihak Antam.

 

Silaturahmi dengan Warga Desa Sopura, Camat Pomalaa Minta Jaga Keberlangsungan Operasi PT Antam
Eksternal Relation Manager PT Antam UBPN Sultra didampingi Public Relation Assistant Manager PT Antam UBPN Sultra Dedy Supriyadi menyerahkan bantuan satu unit sound sistem untuk desa Sopura yang diterima oleh Kades setempat, Patongai.

 

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Sairman juga mengingatkan agar pemerintah desa selalu selektif dalam mengakomodir kebutuhan warga yang akan dijadikan program bantuan dari pihak Antam.

Kata dia, semua program pembangunan di desa melalui dana CSR Antam tidak boleh tumpang tindih dengan APBN ataupun APBD. Dana CSR Antam adalah program pembangunan yang tidak diakomodir dalam APBN ataupun APBD.
Dan hal ini sudah ditegaskan dalam Musrembang tingkat desa.

Ditempat yang sama, Kepala Desa (Kades) Sopura, Patongai juga mengajak masyarakatnya untuk ikut menjaga keberlangsungan operasi PT Antam di kecamatan Pomalaa.

Dia juga mengakui, selama ini masyarakatnya selalu berupaya membangunkan komunikasi yang baik dengan pihak Antam. Namun demikian, dia berharap agar warganya terus meningkatkan hubungan baik yang sudah terjalin selama ini.

Sementara itu, Eksternal Relation Manager PT Antam UBPN Sultra Pamiluddin Abdullah menjelaskan, kunjungan silaturahmi ini bertujuan untuk membina hubungan komunikasi yang baik antara perusahaan dengan masyarakat sekitar.

Kegiatan ini dilakukan di setiap desa yang ada di kecamatan Pomalaa untuk mendapatkan dukungan masyarakat dalam menjalankan operasi Antam di daerah itu.

“PT Antam adalah perusahaan tambang yang beroperasi di kecamatan Pomalaa, sehingga dirasa wajib bagi manajemen untuk melakukan jalinan komunikasi yang harmonis dengan masyarakat,” kata Pamiluddin.

Dia juga menjelaskan bahwa, selama ini pihaknya juga selalu peduli dan terlibat dalam pembangunan masyarakat melalui program CSR. Namun tidak menutup kemungkinan, dalam prosesnya, terjadi perbedaan pendapat dengan masyarakat.

“Makanya kita berinisiatif menggelar kunjungan tatap muka ini bersama masyarakat guna mendengar langsung keluhan masyarakat terhadap Antam. Pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan solusi atas masalah-masalah yang ditimbulkan selama ini,” pungkasnya. (*)

 

Penulis: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib