iklan zonasultra

Siswa MAN IC Kendari Ikut Pertukaran Pelajar ke USA

Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari
Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari terus saja menunjukan prestasi membanggakan. Kali ini, salah satu siswa MAN IC, yakni Riqqah Puspa Dewi berhasil terpilih sebagai peserta Kennedy Lugar Youth Exchangeand Study (YES) program ke Amerika Serikat (USA).

Kepala MAN IC kendari, Abdul Basit saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia mengaku telah menerima surat resmi dari pihak Bina Antarbudaya terkait terpilihnya siswanya sebagai satu dari 80 siswa yang berasal dari seluruh Indonesia, untuk memperoleh beasiswa tersebut.

“Setelah melalui rangkaian seleksi yang cukup panjang, dari dua siswa yang kami kirim satu orang berhasil dinyatakan lolos. Saya merasa bahagia dan terharu. Tahun ini memang saya mencanangkan prestasi di bidang internasional, dan alhamdulillah tercapai,” ungkap Basit saat dikonformasi via WhatsApp, Selasa (5/3/2019).

Kata Basit, di usia sekolah yang belum mencapai tiga tahun dan sudah bisa meraih prestasi internasional merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi, program YES ini sendiri merupakan salah satu program unggulan yang sudah cukup terkenal.

(Baca Juga : MAN IC Kendari Raih Juara Umum di Biology Season UHO)

“Hal ini tentunya menambah energi buat kami untuk terus berprestasi diberbagai bidang. Kami yakin setiap siswa pasti memiliki bakat dan potensi yang luar biasa,” pungkasnya.

Para siswa yang terpilih sebagai peserta Kennedy Lugar Youth Exchangeand Study (YES) sendiri, dijadwalkan akan mengikuti Pra-Program pada 29 Juli 2019. Mereka baru akan berangkat ke Amerika pada 5 Agustus 2019, dan akan kembali ke Indonesia pada Juni, 2020.

Untuk diketahui bahwa Bina Antar Budaya adalah lembaga nirlaba non-pemerintah yang mengelola program pertukaran pelajar di Indonesia. Sebagai mitra dari organisasi internasional American Field Service (AFS) Intercultural Programs, setiap tahunnya Bina Antarbudaya menerima dan mengirimkan banyak siswa/siswi ke berbagai penjuru dunia dengan misi untuk saling mengenal kebudayaan masing-masing sejak berdiri tahun 1985. (a)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib