iklan zonasultra

Siswa yang Lulus SNMPTN Tak Bisa Ikut SBMPTN

Siswa yang Lulus SNMPTN Tak Bisa Ikut SBMPTN
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tahun 2019 ini, para siswa yang menjadi peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan telah dinyatakan lulus maka tidak bisa lagi mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

UTBK merupakan persyaratan wajib bagi peserta yang akan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, La Hamimu ditemui

Wakil Rektor I Bidang Akademik UHO La Hamimu
Hamimu

“Kalau dia ikut SNMPTN dan dinyatakan lulus maka tidak bisa lagi ikut UTBK. Itu otomatis karena NISN-nya (Nomor Induk Sekolah Nasional) kan sudah terdekteksi bahwa siswa ini sudah lolos SNMPTN,” kata La Hamimu, di ruang kerjanya, Senin (18/3/2019).

iklan zonasultra

Lanjut dia, baik pilihan satu, dua, atau ke tiga jika sudah dinyatakan lulus SNMPTN, maka siswa tidak bisa lagi ikut SBMPTN. Hal ini juga untuk memberikan peluang kepada para siswa yang belum lolos. Mereka yang sudah dinyatakan lolos tidak ikut berebut dengan mereka yang belum bisa lolos lewat jalur SNMPTN.

(Baca Juga : Pengumuman SNMPTN 2019 Dimajukan, Ini Penyebabnya)

Bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN, masih bisa mengikuti tes UTBK yang pendaftarannya telah dibuka sejak 1 Maret 2019 lalu, dan akan berakhir pada 25 Maret 2019 untuk gelombang pertama.

Untuk tes gelombang dua, pembukaan pendaftaran UTBK dimulai pada Senin, 25 Maret 2019 pukul 10.00 WIB, dan akan ditutup pada 1 April 2019 pukul 22.00 WIB.

Untuk diketahui, pengumuman hasil kelulusan SNMPTN 2019 dimajukan, dari tanggal 23 Maret 2019, menjadi 22 Maret 2019. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang belum lolos SNMPTN untuk mendaftar UTBK gelombang I. (B)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib