iklan zonasultra

SPAM Napabalano Beroperasi, Kebutuhan Air 1.000 KK Bakal Terpenuhi

PERESMIAN - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae saat meresmikan SPAM Napabalano, Senin (6/1/2020). (Nasrudin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Selama lima bulan pengerjaannya, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang terletak di Desa Pentiro Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini resmi beroperasi.

Kepala Balai Prasarana dan Pemukiman Sultra, Mustaba mengatakan pembangunan SPAM Napabalano yang memiliki kapasitas 10 liter per detik tersebut bakal memenuhi kebutuhan air bersih untuk 1.000 kepala keluarga (KK) yang ada di wilayah tersebut.

“Kita mencatat di Napabalano sekitar 5 ribu jiwa. Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pendistribusian air bersih ke rumah warga,” terang Mustaba, Senin (6/1/2020).

iklan zonasultra

Selain itu, kata Mustaba, pembangunan SPAM Napabalano hanya sebatas pekerjaan umumnya saja. “Pekerjaan kita hanya sampai jaringan kalau penyambungan pipa itu dilakukan oleh pemerintah setempat,” katanya.

Baca Juga : Banyak Pohon Tumbang Sebabkan Listrik Padam di Muna dan Mubar

Dirinya juga menjelaskan pembangunan SPAM di Napabalano ini tak terlepas dari perjuangan Anggota DPR RI Ridwan Bae di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Masyarakat Muna harus bersyukur punya perwakilan seperti Ridwan Bae di dewan, karena hingga kini ia terus memperjuangkan kepentingan masyarakat Sultra khususnya di Muna,” jelas Mustaba.

Sama halnya dengan Bupati Muna, LM Rusman Emba mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Ridwan Bae. “Banyak dana pusat yang digelontorkan di Sultra, itu mayoritas ada di Muna. Ini berkat perjuangan Ridwan Bae,” tutur Rusman.

Selain itu, kata Rusman untuk sampai ke masyarakat maka pemasangan instalasi SPAM ini, selain didanai melalui APBD Muna juga akan dikelola melalui dana desa.

Ridwan Bae mengatakan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muna berkat aspirasi masyarakat.

“Pembangunan SPAM Napabalano ini harus berjalan dengan baik. Sistemnya dikelola baik. Jangan setelah jalan justru ada masalah lagi. Ini juga ke depan bisa menjadi ekonomi baru bagi masyarakat,” ujar Ridwan yang turut meresmikan SPAM Napabalano, Senin (6/1/2020).

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib