iklan zonasultra

Sukses Jalankan Kampung KB, DPPKB Konut Fokus Peningkatan SDM

Sukses Jalankan Kampung KB, DPPKB Konut Fokus Peningkatan SDM
WORKSHOP - Bupati Konut Ruksamin bersama Wakil Bupati Konut Raup, Kepala BKKBN Provinsi Mustakim, Kepala DPPKB Kasim Pagala saat memberikan cendera mata kepada Perwira Penghubung TNI, camat, kepala desa dan kepala puskesmas sebagai mitra pendukung kesuksesan Workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan KIE, KB yang diselenggarakan DPPKB Konut bertempat di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Andowia, Selasa (19/3/2019). (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Sukses menjalankan program kampung KB di 13 kecamatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) kini akan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Kepala DPPKB Konut Kasim Pagala mengatakan, segala metode program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) terus digalakkan hingga ke pelosok desa dengan melakukan sosialisasi, pembinaan, dan pemberian pemahaman kepada masyarakat.

“Peningkatan kualitas pelayanan sosialisasi komunikasi informasi dan edukasi (KIE) keluarga berencana kreatif terus kita tingkatkan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Program KKBPK serta pembinaan kelompok usaha, dan peningkatan pendapat keluarga menjadi prioritasi kami untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas dan memiliki mutu tinggi,” kata Kasim Pagala dalam kegiatan workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana di lapangan sepakbola Andowia, Selasa (19/3/2019).

Di tempat itu, Kepala BKKBN Provinsi Sultra Mistakim mengapresiasi program kerja DPPKB Konut meningkatkan kualitas SDM untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera. Diakuinya, Pemda Konut memiliki perhatian besar terhadap kemajuan dan pengembangan generasi penerus yang lebih baik melalui pembinaan keluarga berencana.

“Ini spirit dan motivasi dari pimpinan daerah yang terus memberikan dukungan baik melalui anggaran, sarana dan prasaranya, sehingga pelaksanaan program keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Konut ini dapat berjalan dengan baik. Dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ini merupakan contoh yang baik bahwa kekompakan mulai dari pimpinan sampai bawahan sangat penting untuk memperoleh hasil yang memuaskan,” puji Mistakim.

Diungkapkan, ada 3 hal pokok untuk meningkatkan kualitas SDM, yaitu persiapan mengenai pengembangan generasi muda penerus yang lebih baik, bibit untuk merencanakan masa depan yang lebih cerah jauh dari pengaruh negatif seperti narkoba, pergaulan seks bebas dan minuman keras, serta bimbingan sejak dini untuk membentuk mental dan kepribadian yang baik, berakhlak, bermoral, dan memiliki budi pekerti baik.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Konut Raup mengatakan, peningkatan SDM menjadi misi utama pemerintahannya guna meningkatan pembangunan daerah secara bertahap. Upaya peningkatan SDM ini terus dilakukan dari berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, dan pertanian.

“Lebih baik satu orang generasi berkualitas, tapi bisa perbaiki sepuluh orang, daripada sepuluh orang tapi tidak mempunyai kualitas dan bisa merusak orang di sekitarnya. Inilah peran kita semua untuk terus menjalin kerjasama yang baik, kompak. Melalui program keluarga berencana dan pembangunan keluarga ini mari kita ciptakan SDM berkualitas,” ujar Raup.

Kegiatan workshop yang digelar DPPKB Konut ini turut hadir Bupati Konut Ruksamin dan wakilnya Raup, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Konut, tim BKKBN provinsi, unsur kepolisian-TNI wilayah Konut, pemerintah kecamatan, lurah, kepala desa, kepala puskemas se-Konut, serta masyarakat, dan kader DPPKB. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib