Tampilan Desktop



Sukses, Pesona Pesantren Ciamis Jadi Model Pengembangan Wisata Halal
26 Dibaca

Dongkrak Wisata Halal, Kemenpar Gelar Pertemuan GHTC di Malaysia

Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM, CIAMIS – Malam puncak acara Pekan Pesona Pesantren 2017 yang disemarakkan dengan berbagai penampilan pentas seni sukses digelar, Sabtu (2/9) malam. Event yang di dukung Kementrian Pariwisata (Kemenpar) ini bisa menjadi role model pengembangan wisata halal di Tanah Air.

“Apa yang telah dirintis Pesantren Sirnarasa ini, bisa menjadi salah satu model, acuan atau standar dalam pengembangan wisata halal di Indonesia,” ujar Deputi Bidang Pengebangan Kelembagaan Kemenpar Ahman Sya saat membuka puncak acara Pekan Pesona Pesantren 2017 di Pesantren Sirnarasa, Dusun Ciceuri, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Sabtu (2/9).

Menurut Ahman Sya yang hadir mewakili Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, dalam pengembangan wisata halal harus mampu merubah paradigma pariwisata yang pernah dicap negatif menjadi media/sektor yang justru mampu mensejahterakan masyarakat.

“Saya mengantarkan tiga pesan dari Menteri Pariwisata yang pertama Memberikan salam hormat yang setinggi tingginya terhadap Pondok Pesantren Sirnarasa, dan yang kedua sangat mengapresiasi acara ini yang begitu meriah, dan yang ketiga, Pariwisata itu kini sudah menjadi target utama untuk mensejahterakan masyarakat seluruh Indonesia,”katanya.

Lebih lanjut, pria berkacamata itu menuturkan, kegiatan seperti ini bukan yang pertama di Indonesia, terutama dalam penyebaran agama Islam di tanah jawa ini, karena sejak dulu para wali menyebarkan agama Islam yaitu menggunakan media budaya. “Dalam pengembangannya, wisata halal harus dapat membentuk perubahan prilaku manusia yang bermartabat, religius, dan memiliki nilai-nilai positif keagamaan,” ujarnya.

Lewat pengembangan pariwisata, khususnya wisata halal, diharapkan dapat menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri. “Bukan menjadi budak bangsa lain, dan mengangkat perekonomian masyarakat,” tegas Ahman Sya.

Malam puncak acara Pekan Pesona Pesantren 2017 disemarakkan dengan berbagai penampilan pentasseni. Sebelum acara pembukaan, ada suguhan Grup Seni Gebyung Al-Muropaqoh dari Kampung Unu Nun, Desa Banjar Angsana, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

Baca Juga : Kembangkan Wisata Religi, Kemenpar Dukung Pekan Pesona Pesantren di Ciamis

Dilanjutkan dengan penampilan Tim Hadroh dari UIN Bandung yang terdiri atas 5 mahasiswa pemain rebana dan 7 mahasiswi, 4 di antaranya sebagai vokal utama yang melantunkan shalawatan yang meneduhkan hati. Selepas pembukaan yang disaksikan pendiri dan sesepuh Pesantren Sirnarasa Abah Aos dan sejumlah tamu, santri, dan pengunjung dari berbagai daerah, ada bermacam penampilan menarik dari para santri Sirnarasa berupa tari dan lagu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi gelaran Pekan Pesona Pesantren yang sukses diselengarakan. Pria asal Banyuwangi itu sangat optimistis, Indonesia bisa menduduki peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal. Pertumbuhan wisatawan untuk destinasi halal terus mengalami peningkatan.

“Pada tahun 2017, tercatat wisatawan destinasi halal mencapai 2,7 juta di tahun 2016 dan pertumbuhannya mencapai 20%. Sementara tahun ini, Arief pun menargetkan kunjungan wisatawan muslim mencapai 3,7 juta atau naik 30%. Tumbuh 25% saja jadi 3,1—3,2 juta juga sudah baik,” kata Menpar Arief.(*)

 

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com