iklan zonasultra

Suksesi Pemilu 2019, Polri Perkuat Fungsi Satgas di Bombana

PERTEMUAN - Ketua Tim Satuan Petugas dan Peningkatan Supervisi Polri, Ficky F Wakanto dalam giat pertemuan bersama seluruh Bhabinkamtibmas di aula Mako Polres Bombana, Kamis (14/3/2019). (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Kepolisian Negara Republik Indonseia (Polri) berupaya meningkatkan fungsi satuan petugas bimbingan masyarakat (Satgas Binmas) di seluruh tanah air. Salah satunya melalui pertemuan penguatan peran seluruh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang tersebar di 22 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bombana yang bertempat di Aula markas komando (Mako) Polres Bombana, Kamis (14/3/2019).

Dalam kesempatan ini, seluruh Satgas Binmas ditatar dan diharapkan mampu bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat serta menjadi pelopor kesuksesan pemilihan umum (pemilu) pada 17 April mendatang.

Ketua Tim Sub Satgas Kemitraan dan Peningkatan Supervisi Polri, Kombespol Ficky F. Wakanto mengatakan, dirinya bersama tim berkunjung di Sulawesi Tenggara (Sultra), utamanya di Bombana dalam rangka asistensi dan peningkatan supervisi seluruh Bhabinkamtibmas.

iklan zonasultra

Melalui pertemuan ini diharapkan seluruh Satgas di daerah itu bakal menggenjot lagi proses pendekatan ke seluruh lapisan masyarakat di daerah ini.

” Kami hadir di Bombana sebagai upaya peningkatan supervisi dan asistensi terhadap seberapa jauh pelaksanaan Satgas di daerah ini menjalankn kegiatan yang telah didanai,” terang Ficky F Wakanto di Mako Polres Bombana usai pertemuan..

Ficky F Wakanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Operasional Kaur Binmas Baharkam Polri menuturkan, pentingnya sinergitas seluruh Satgas di tengah-tengah masyarakat. Ia menekankan agar Bhabibkamtibmas bisa mendinginkan suhu politik, punya kekuatan untuk menangkal segala bentuk isu yang berbau SARA ( Suku, Agama, Ras dan Antar golongan) dan berita bohong (hoaks).

” Bhabinkamtibmas sebagai Satgas yang mendalami seluk beluk kehidupan masyarakat itu mesti diperkuat, sehingga kami menekankan agar dalam menghadapi Pemilu ini. Satgas mampu membuka ruang berupa forum group discussion (FGD), forum sosialisasi Kamtibmas (FSK), Kerja bakti, anjangsana yang dilakukan secara masiv hingga pada akhirnya tercipta suasana damai dan kondusif” katanya.

Selain itu, Satgas pula diharapkan mampu memakmurkan rumah ibadah, baik itu Masjid, Gereja, Pura dan lainnyadan mampu melibatkan organisasi kemasyarakatan.

” Ketika terjalin sinergitas yang baik antara Babinsa dan Bhabinkmtibmas serta pemerintah desa, yakin saja semua akan berjalan sesuai yang kita harapkan bersama,” ujarnya.

Ficky menitip pesan untuk seluruh warga Bombana untuk bisa menciptakan rasa damai, tidak mudah terprovokasi oleh kepentingan tertentu. ” Mari kita buat rasa damai untuk diri dan lingkungan, jangan sampai pesta demokrasi yang kita harapkan damai, malah menjadi menakutkan,” pungkasnya. (b)

 


Kontributor : Muhammad Jamil
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib