iklan zonasultra

Sukseskan Pilkades Serentak 2018, Pemda Buton Bentuk Tim

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buton La Madi
La Madi

ZONASULTRA. COM, PASARWAJO – Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah membentuk tim untuk menyukseskan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada bulan September 2018 mendatang. Pembentukan tim ini untuk menyukseskan pilkades tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buton La Madi mengatakan, tim kabupaten dibentuk pada Mei ini, kemudian Peraturan Bupati (Perbub) nya serta jadwal kegiatan desa-desa yang akan ikut Pilkades serentak.

“Dari 83 desa se Kabupaten Buton, terdapat 55 desa yang akan mengikuti Pemilihan serentak Kepala desa (Kades) tahun ini,”jelas La Madi ditemui kantor Bupati Buton, Kamis (24/5/2018).

Saat ini tim pembentukan di desa baru akan dikirim Perbubnya, baru kemudian pihak kecamatan akan membentuk panitia dan seterusnya menuruskan ke desa agar segera pihak desa dalam hal ini BPD membentuk panitia pemilihan.

“Dan diharapkan pada akhir bulan Mei ini, desa sudah harus membentuk nama-nama panitia pemilihan kepala desanya,”harapnya.

Pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp 2 milyar lebih melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 yang diperuntukan masalah honor panitia dan pengawas pemilihan.

Dan yang pasti 55 desa ini nanti yang akan menyelenggarakan pemilihan serentak kepala desa. Dan direncanakan bulan September pemilihan dan pelantikan pada bulan Desember 2018.

Untuk itu, pihaknya berharap agar para BPD, panitia dan pengawas pemilihan proaktif dalam rangka pelaksanaan Pilkades, sehingga bisa melahirkan pemimpin-pemimpin desa yang berkualitas serta mempunyai intergritas yang mumpuni dalam rangka melaksanakan tugasnya sebagai kepala desa.(C)

 


Reporter : Nanang
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib