iklan zonasultra

Sukseskan UNBK, Dikmudora Kendari Salurkan Komputer di Sembilan Sekolah

Ilustrasi unbk
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Guna mensukseskan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2020 nanti, Dinas pendidikan, kepemudaan dan olahraga (Dikmudora) Kota Kendari telah menyalurkan komputer di sembilan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Kendari.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala bidang (Kabid) pembinaa pendidikan dasar (Doknas) Kendari Muchdar Alimin mengatakan, komputer yang dibagi di sembilan sekolah bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 lalu.

Iklan Zonasultra

Muchdar mengatakan, masing-masing sekolah mendapatkan 20 unit komputer, untuk diketahui sembilan sekolah yang mendapatkan bantuan ini yakni, SMPN 4 Kendari, SMP 1 Kendari, SMPN 3 Kendari, SMPN 7 Kendari, SMPN 12 Kendari, SMPN 18 Kendari, SMPN 19 Kendari, SMPN 2 Kendari dan SMPN 16 Kendari.

Untuk mendapatkan bantuan komputer dari DAK oleh pemerintah pusat, sebelumnya sekolah harus mengisi data pokok pendidikan (Dapodik) yang mencerminkan kebutuhan Sarana prasarana (Sapras) khususnya unit komputer.

“Jadi bantuan DAK 2019 itu, satu paket dengan laboratorium komputer, jaringan internet serta komputernya, dan para siswa dan guru tinggal memakainya saja,” ungkap Muchdar saat ditemui Zonasultra.com,Kamis,(16/1/2020).

(Baca Juga : UNBK, SMAN 4 Kendari Pinjam 120 Laptop Siswa dan Guru)

Saat ini, pihak Dikmudora terus berusaha mengusul penambahan komputer di pemerintahan pusat secara bertahap dengan catatan pihak sekolah mengisi Dapodik dengan jelas dan benar, yang menandakan bahwa sekolah tersebut membutuhkan komputer

Muchdar menegaskan, meski pihaknya telah melakukan pengusulan bantuan komputer, apabila Dapodik sekolah tidak menggambarkan kebutuhanya maka usulan bakal ditolak.

Untuknya itu, tahun ini sekolah yang belum mandiri melaksanakan UNBK, dapat melaksanakan secara mandiri. Seperti SMPN 7 Kendari di Kecamatan Abeli yang 2019 lalu menggabungkan dengan SMKN 4 Kendari.

“Semoga SMPN yang ada di Kendari dapat melaksanakan UNBK secara mandiri. Terkecuali SMPN 21 dan SMPN 22 Kendari yang berlokasi di Kecamatan Abeli dalam yang tidak mempunyai jaringan internet”, pungkas Muschdar. (b)

 


Penulis : M1
Editor : Rosnia

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib