iklan zonasultra

Sulkhoni dan Riki Fajar Bakal Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Sulkhoni - Riki Fajar
Sulkhoni - Riki Fajar

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Tenggara (Sultra) Sulkhani bersama calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Kendari Riki Fajar bakal menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Kendari, Selasa (23/4/2019).

Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari Nanang Ibrahim menyebut telah mendapatkan informasi terkait jadwal sidang kedua caleg PKS tersebut.

“Benar, hari ini sidang perdananya pukul 13.00 Wita jadwalnya. Sidang perdana pembacaan dakwaan dulu,” ungkap Nanang Ibrahim saat dihubungi, Selasa (23/4/2019).

Sebelumnya, sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) telah menyerahkan barang bukti dan tersangka perkara pemilu ke pihak Kejari pada Kamis 18 April 2019 sekira pukul 13.30 Wita.

(Berita Terkait : Dua Oknum Caleg PKS Digrebek Warga saat Bersama Camat Kambu)

Nanang Ibrahim lalu membenarkan penyerahan kedua Caleg PKS tersebut beserta barang bukti dari penyidik Gakkumdu ke pihaknya. Hanya saja, proses tahap dua itu dilakukan tanpa kehadiran tersangka satu, Sulkhoni dengan alasan sakit (in abtentia).

“Sehingga tahap dua dilakukan hanya dengan kehadiran tersangka dua, atas nama Riki Fajar, dan didampingi dengan pengacaranya,” ujar Nanang Ibrahim, Jumat (19/4/2019).

Kemudian Senin, 22 April 2019, berkas perkara, barang bukti dan tersangka diserahkan dari Kejaksaan ke Pengadilan Negeri Kendari di Jalan Mayjend S Parman Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat.

Perkara pemilu tersebut melibatkan dua caleg PKS, yakni Ketua DPW PKS Sultra, Sulkhani yang merupakan caleg DPRD Sultra dapil Kendari, dan Sekretaris DPD PKS Kendari Riki Fajar yang juga caleg DPRD Kota Kendari, dapil Kecamatan Kambu dan Baruga.

(Berita Terkait : Warga yang Grebek Caleg PKS dan Camat Bakal Diberi Penghargaan)

Sebelumnya, Sulkhani dan Riki Fajar diduga melakukan pelanggaran Pemilu. Kedua Caleg PKS ini digerebek warga tengah melakukan rapat bersama Camat Kambu.

Dalam video berdurasi 3,48 detik, nampak warga sedang melakukan penggerebekkan dalam sebuah rumah. Kedua caleg PKS itu duduk di kursi sofa sebelah kiri, Camat Kambu tersebut terlihat tampak berdiri, diduga kaget dengan kehadiran warga secara tiba-tiba.

Di dalam rumah itu, warga menemukan daftar nama pemilih, bahan kampanye berupa stiker bergambar masing-masing Riki Fajar caleg dapil Kambu-Baruga dan Sulkhoni dapil Kendari, serta sejumlah alat tulis dan beberapa carik kertas. (b)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib