iklan zonasultra

Sumbangan Komite, 10 Unit Laptop Diserahkan ke SMPN 1 Konsel

Sumbangan Komite, 10 Unit Laptop Diserahkan ke SMPN 1 Konsel
SUMBANGAN - Komite SMPN 1 Konawe Selatan (Konsel) menyerahkan 10 unit laptop kepada pihak sekolah. Dana komite untuk pengadaan laptop berasal dari sumbangan secara sukarela dari orang tua siswa SMPN 1 Konsel. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Komite SMPN 1 Konawe Selatan (Konsel) menyerahkan 10 unit laptop kepada pihak sekolah. Dana komite untuk pengadaan laptop berasal dari sumbangan secara sukarela dari orang tua siswa SMPN 1 Konsel.

Penyerahan laptop dilakukan oleh Ketua Komite SMPN 1 Konsel kepada Kepala Sekolah, dan disaksikan oleh guru dan orang tua siswa di aula SMPN 1 Konsel, Sabtu (13/4/2019).

Kepala SMPN 1 Konsel, Alfred Rony Joe mengatakan 10 unit laptop tersebut merupakan hasil dari sumbangan para orang tua siswa yang dilakukan secara sukarela per semester. Sumbangan mulai dari Rp 0 hingga Rp 150.000 per orang tua.

iklan zonasultra

“Dari sumbangan itu terkumpul kurang lebih Rp 48 juta, yang kemudian digunakan untuk pembelian laptop menunjang pelaksanaan UNBK (ujian nasional berbasis komputer). Pokoknya, sumbangan itu tidak ada paksaan,” kata Alfred ditemui di sekolah, Sabtu (13/4/2019).

Alfred menyebut, untuk sekolah di Konsel memang sangat jarang ditemui sekolah yang memberlakukan komite dengan sistem sumbangan. Menurutnya, mengenai hal sumbangan seperi ini hal yang terpenting adalah komunikasi dengan orang tua siswa. Kuncinya adalah memperlihatkan secara transparan, bagaimana sumbangan tersebut dikelola.

“Kebanyakan sekolah kan mereka kurang percaya diri untuk meminta sumbangan orang tua. Intinya kita membangun komunikasi dengan masyarakat. Buat mereka paham. Yang penting kita nda garuk uangnya kan nda ada masalah. Semua untuk kepentingan siswa dan sekolah,” kata Alfred.

Pihak sekolah tentunya sangat senang dengan pencapaian ini. Untuk masalah komputer atau laptop, pihaknya mengaku jika menunggu dari pemda itu prosesnya akan lama. Sementara dari dana bos, per tahunnya laptop yang bisa diberikan ke sekolah hanya sekitar 5 unit.

Untuk diketahui, pemberlakuan sumbangan di SMPN 1 Konsel baru diberlakukan satu semester. Semester berikutnya pun masih akan terus diberlakukan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sekolah dalam menunjang keperluan siswa. (B)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib