iklan zonasultra

Survei Indo Barometer di Konawe, Cagub Ali Mazi-Lukman Raih Elektabilitas Tertinggi

Ali Mazi - Lukman Abunawas
Ali Mazi - Lukman Abunawas

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Indo Barometer baru saja mengeluarkan rilis hasil survei calon bupati di Kabupaten Konawe. Selain meneliti elektabilitas atau tingkat keterpilihan calon bupati Konawe, Indo Barometer juga meneliti elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur di kabupaten itu.

Hasilnya, Masyarakat Kabupaten Konawe menginginkan pasangan calon gubernur Ali Mazi dan Lukman Abu Nawas menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan persentase 52,6 persen. Selanjutnya pasangan calon Asrun-Hugua di posisi kedua dengan persentase 31,4 persen, dan terakhir Rusda Mahmud dan Sjafei Kahar 10,0 persen.

“Jika pilgub dilaksanakan pada hari ini (pertanyaan tertutup), Ali Mazi – Lukman Abu Nawas (52.6%), Asrun – Hugua (31.4%), Rusda Mahmud – Sjafei Kahar (10.0%). Pemilih yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab sebesar (6.0%),” seperti yang tertulis dalam rilis yang diterima zonasultra.com dari Indo Barometer Senin (14/5/2018).

Survei Indo Barometer itu dilaksanakan di Kabupaten Konawe yang meliputi 28 kecamatan pada tanggal 9 sampai 16 Maret 2018. jumlah responden yang diberikan kuesioner penelitian sebanyak 420 orang. Responden berusia minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

Metode penarikan sampel yang digunakan pada penelitian itu adalah multistage random sampling dengan engan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner sendiri.

“Ya, margin errornya dalam penelitian ini sebesar 4.78 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Perlu diketahui, maksud dan tujuan survei ini untuk melihat permasalahan di Konawe, peta peta politik,” kata peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli yang dihubungi via telepon.

Sementara untuk hasil survei calon bupati Konawe, petahana Kery Saiful Konggoasa yang berpasangan dengan Gusli Topan Sabara meraih elektabilitas tertinggi dengan persentase 62,4 persen.

Pada urutan kedua, pasangan calon Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra 15,0 persen, menyusul Litanto – Murni Tombili 14,5 persen, dan Muliati Saiman – Mansur 3,6 persen. (B)

 


Reporter: Lukman Budianto
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib